Madiun (Antara Jatim) - Bupati Madiun Muhtarom melantik pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) baru, Tontro Pahlawanto, yang  terpilih oleh panitia seleksi daerah di Pendopo Muda Graha Madiun, Jawa Timur, Selasa. 

Tontro Pahlawanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Madiun,  lolos dan menyisihkan sejumlah kandidat lainnya yang ikut diseleksi oleh panitia seleksi daerah (panselda).

"Pelantikan ini merupakan final dari seluruh proses dan rangkaian tahapan seleksi sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Apatatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan pemerintah," ujar Bupati Madiun Muhtarom kepada wartawan. 

Menurut dia, yang bersangkutan berhasil lolos karena dianggap memiliki kemampuan dan memenuhi persyaratan yang telah diatur dalam peraturan pengisian jabatan pemerintah tinggi pratama melalui seleksi terbuka. 

Seleksi terbuka itu di antaranya, harus sesuai jabatan kepangkatan, her own gal am an, sehat jasmani, dan rohani, serta disaring oleh panselda melalui sistem lelang jabatan, sehingga pejabat yang terpilih lebih berkualitas. 

Ia menjelaskan, mekanisme pengisian jabatan pemerintah tinggi pratama melalui sistem lelang jabatan, merupakan hal baru dan untuk pertama kalinya digelar oleh Pemkab Madiun. Dimana, semua tahapan seleksi tersebut dilakukan oleh panitia seleksi daerah yang berasal dari unsur BKN, BKD, dan akademisi.

"Kepada yang baru dilantik saya berharap agar bertugas sesuai aturan yang ada. Ingat, jabatan adalah amanah," kata Bupati. 

Seperti diketahui, sebelumnya posisi jabatan Sekda Kabupaten Madiun kosong setelah Sekda Soekardi resmi pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) per tanggal 1 Desember 2015. 

Ada beberapa pejabat di lingkup Kabupaten Madiun yang berebut posisi sekda dan mengikuti seleksi. Para pejabat tersebut di antaranya Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Edi Bintarjo, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Wiyanto Joko Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Suhardi, dan Kepala Bappeda Tontro Pahlawanto. 

Bupati Muhtarom berharap, Sekda yang baru dilantik tersebut bisa bersinergi dengan Bupati, Wakil Bupati, dan DPRD Kabupaten Madiun. Sebab hal itu akan berimbas pada jalannya pemerintahan di Kabupaten Madiun. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016