Jember (Antara Jatim) - Jumlah paket pos yang dikirim atau datang di Kantor Pos Besar Kabupaten Jember, Jawa Timur, meningkat selama beberapa hari terakhir menjelang akhir tahun 2015.

"Kalau dibandingkan hari biasanya, terjadi peningkatan sekitar 15-30 persen. Namun diprediksi terjadi lonjakan tajam jelang akhir tahun nanti," kata Manajer Proses dan Transportasi Kantor Pos Jember, Tri Prayogo, di Jember, Kamis.

Menurutnya, pada hari normal jumlah kiriman paket sekitar 115 paket per hari, sedangkan selama dua pekan terakhir terjadi peningkatan rata-rata 144 hingga 155 paket per hari.

"Kemungkinan pengiriman paket dari Kantor Pos Besar Jember atau paket yang datang akan meningkat tajam hingga awal Tahun Baru 2016 yang diprediksi lonjakannya mencapai 50 persen," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, petugas harus bekerja ekstra keras untuk memilah dan memilih paket berdasarkan tujuan yang ada dan dalam sehari dilakukan tiga kali pengiriman ke daerah akibat banyaknya paket yang datang.

"Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah paket itu, petugas bahkan memberlakukan jam lembur hingga malam agar seluruh kiriman paket bisa sampai di tempat tujuan sesuai jadwal," katanya.

Ia mengatakan beberapa hal yang menyebabkan jumlah kiriman paket meningkat karena perayaan Natal dan momentum akhir tahun, sehingga banyak pengirim yang mengirimkan paket untuk keluarganya baik dari luar kota maupun dari luar negeri.

"Yang fenomenal yakni maraknya belanja dalam jaringan, sehingga meningkatkan jumlah paket yang dikirimkan petugas Kantor Pos Jember," ujarnya.

Di akhir tahun, biasanya sejumlah lapak jualan daring memberikan diskon yang besar atau cuci gudang hingga memikat pembeli untuk belanja, sehingga pengiriman paket barang belanja daring itu juga meningkatkan pengiriman di Kantor Pos Jember.

"Kami membuat tiga trayek untuk mendistribusikan paket ke semua kecamatan di Jember yakni trayek pertama menuju timur dengan tujuan Kecamatan Arjasa, Kalisat, Sukowono, Sumberjambe, Silo, Pakusari dan Sumbersari. Kemudian trayek kedua menuju barat dengan tujuan Kecamatan Rambipuji, Umbulsari, Tanggul, Sumberbaru, Bangsalsari, dan terakhir trayek ke arah selatan dengan tujuan Kecamatan Tempurejo, Ambulu, Jenggawah, Puger, Kencong, dan Balung," paparnya.

Data Kantor Pos Besar Jember mencatat pengiriman paket paling banyak baik jasa belanja daring maupun paket biasa dikirimkan ke kawasan Jember bagian selatan, di antaranya Kecamatan Jenggawah, Tempurejo, Ambulu, Puger dan Kencong. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015