Surabaya (Antara Jatim) - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana mengajak seluruh elemen masyarakat kembali bersatu untuk membangun Kota Surabaya lebih baik lagi.

Ajakan ini disampaikan Whisnu Sakti Buana dalam sambutan penetapan pasangan calon terpilih yang diselenggarakan KPU Surabaya di Hotel Singgasana Surabaya, Selasa.

Menurut Whisnu, pascapilkada Surabaya ini tidak ada lagi pasangan nomor urut 1 dan 2. Yang ada adalah salam tiga jari untuk sama-sama membangun Surabaya.

Ketua DPC PDIP Surabaya ini mengatakan sebenarnya jauh-jauh hari pihaknya berencana mengunjungi pasangan calon Rasiyo-Lucy. Selain silaturahmi, kunjungan tersebut juga untuk mengajak pasangan calon yang diusung partai Demokrat dan PAN itu untuk bersama-sama memajukan Kota Pahlawan.

"Sudah kita agendakan minggu lalu, tetapi selalu berbenturan acaranya. Mudah-mudahan minggu depan," ujar putra mantan Sekjen DPP PDIP Ir Sutjipto itu.

Pria yang akan kembali menjabat wakil wali kota periode kedua ini menambahkan, silaturahmi dengan pasangan Rasiyo-Lucy itu nantinya untuk menunjukkan bahwa pilkada Surabaya telah selesai tanpa ada permusuhan. Sebaliknya, pihaknya mengajak pasangan Rasiyo-Lucy untuk membangun kota bersama-sama.

"Kita lihat nanti, jadwalnya Pak Rasiyo dan Bu Lucy bisa menerima kita kapan," tuturnya.

Dia menambahkan pascapenetapan hasil pilkada, sembari menunggu pelantikan, dirinya dan Bu Risma tetap turun ke masyarakat, di antaranya dengan menggelar tasyakuran di masing-masing kelurahan. "Sesuai janji, kita akan tasyakuran," katanya.

Alumnus ITS Surabaya ini menjelaskan, tasyakuran bersama warga nantinya sebagai rasa syukur bahwa pesta demokrasi telah berjalan lancar dan damai. Sebanyak 154 lokasi yang akan dikunjungi untuk merayakan kemenangan bersama warga.

"Seluruh warga kita undang untuk hadir, bukan hanya untuk mereka yang memilih Risma-Whisnu saja," katanya.

Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifin mengatakan berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya, pasangan nomor urut dua dalam Pilkada Surabaya 2015 itu mendapat 893.087 suara atau sekitar 86,34 persen dari total suara sah yang sebanyak 1.034.411 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapat 141.324 suara atau sekitar 13,66 persen dari total suara sah. "Kepada pasangan yang terpilih, kami sampaikan selamat," ujarnya.(*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015