Jember (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Jawa Timur, memaksimalkan jumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif menjelang masa angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

"Tidak ada tambahan kereta menjelang Natal dan Tahun Baru, namun jumlah rangkaian di masing-masing kereta akan dimaksimalkan dengan melihat animo penumpang terlebih dahulu," kata Asisten Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop IX Jember, Tohari, di Jember, Selasa.

Ia mengatakan KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto biasanya memiliki enam kereta kelas ekonomi, satu kereta makan, dan satu lokomotif, namun akan dimaksimalkan menjadi tujuh kereta kelas ekonomi, satu kereta makan, dan satu lokomotif.

"Untuk KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta juga sama, namun hal tersebut akan dilihat sejauh mana animo masyarakat yang menggunakan jasa kereta api selama liburan Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Sedangkan untuk kereta kelas bisnis dan eksekutif yakni KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya juga dimaksimalkan rangkaiannya menjadi empat kereta eksekutif dan tiga kereta bisnis.

"Memaksimalkan rangkaian kereta akan disesuaikan dengan jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api dan rangkaian kereta itu juga disesuaikan dengan kapasitas daya angkut masing-masing kereta lokomotif," paparnya.

Rangkaian kereta di wilayah Daop IX Jember yakni KA Mutiara Timur membawa empat gerbong eksekutif yang memiliki tempat duduk sebanyak 50 kursi per gerbong dan tiga gerbong bisnis masing-masing memiliki 64 tempat duduk.

Sedangkan KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang dan KA Probowangi jurusan Banyuwnagi-Surabaya masing-masing membawa lima gerbong, KA Logawa dan KA Sritanjung masing-masing membawa enam gerbong, semua kereta itu memiliki kapasitas 106 tempat duduk. 

Menurutnya, pihak PT KAI juga melakukan pengecekan sejumlah jalur kereta di wilayah kerja Daop IX sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, agar rel tersebut benar-benar aman saat dilalui kereta selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Pengecekan jalur kereta api dengan melibatkan sejumlah instansi seperti Dinas Perhubungan, aparat kepolisian dan anggota TNI juga akan dilakukan pada Rabu (16/12) dengan tujuan memastikan kereta api siap menyambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2016.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015