Jember (Antara Jatim) - Bursa kerja atau "Job Market Fair" yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyediakan sebanyak 1.186 lowongan kerja dari 33 perusahaan dari kabupaten setempat dan luar kabupaten.

"Kegiatan pameran bursa kerja itu diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan terlihat antusias pencari kerja yang datang ke sini lebih dari 4.000 orang," kata Kepala Seksi Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jember, Sugeng Heri Mulyono, di Jember, Kamis.

Kegiatan "Job Market Fair" tersebut digelar selama sehari yakni pada 10 Desember 2015, namun selama 2015 tercatat sebanyak dua kali Disnakertrans Jember menggelar kegiatan untuk menyerap tenaga kerja itu.

"Biasanya kegiatan bursa kerja dilakukan sekali dalam setahun, namun tahun ini kami bisa menggelar kegiatan Job Market Fair sebanyak dua kali karena jumlah pencari kerja di Disnakertrans setiap tahun meningkat," tuturnya.

Menurut dia, setiap pencari kerja harus mengisi formulir yang disediakan oleh Disnakertrans dengan jumlah perusahaan yang dituju maksimal tiga perusahaan sesuai dengan keinginan masing-masing pelamar.

"Sebanyak 1.186 lowongan kerja yang disediakan oleh 33 perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor seperti retail, jasa, perbankan, dan buruh pabrik," katanya.

Dalam pameran bursa kerja itu, lanjut dia, tenaga kerja yang dibutuhkan terbanyak yakni dari pabrik rokok cerutu yang akan didirikan di Kecamatan Ajung tersebut yakni sekitar 300 orang.

"Tahun ini jumlah pencari kerja yang terdata di Disnakertrans sebanyak 3.600 orang, sehingga diharapkan mereka bisa memanfaatkan sekitar 1.000 lebih lowongan kerja yang tersedia di Job Market Fair," paparnya.

Sugeng mengatakan kegiatan bursa kerja itu akan mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya, sehingga dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Jember.

Sementara salah seorang pengunjung, Reza Dwi Handaryati mengaku senang dengan kegiatan pameran bursa kerja itu, sehingga para pencari kerja yang sebagian besar baru lulus kuliah atau sekolah tidak perlu jauh-jauh ke perusahaan untuk melamar kerja.

"Kegiatan bursa kerja mempermudah kami mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya diadakan setiap tahun sekali," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015