Probolinggo (Antara Jatim) - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menebar sebanyak 13.560 ekor benih ikan kerapu di Perairan Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih.

Kepala Diskanla Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Wahid Noor Azis, Kamis, mengatakan penebaran benih ikan kerapu di perairan Pulau Gili Ketapang sangat penting untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan kerapu.

Selama ini, lanjutnya, perlu dilakukan pemulihan sumber daya ikan yang ada di perairan Kabupaten Probolinggo karena hasil tangkapan jenis ikan kerapu tersebut menurun.

"Perairan Pulau Gili Ketapang banyak terdapat terumbu karang dan ikan kerapu merupakan ikan yang senang hidup di karang, sehingga diharapkan nantinya benih ikan kerapu bisa tumbuh dan berkembang biak secara maksimal di wilayah terumbu karang itu," tuturnya.

Menurut dia, pihaknya sengaja memilih perairan Pulau Gili Ketapang sebagai pusat penebaran benih ikan kerapu karena saat ini hasil tangkapan ikan kerapu nelayan sudah mulai berkurang. 

"Dengan kegiatan itu diharapkan ikan kerapu bisa berkembang biak dengan baik dan hasil tangkapan nelayan terutama ikan kerapu juga meningkat," katanya.

Ia berharap masyarakat dan nelayan dapat bersama-sama menjaga kelestarian terumbu karang dan ikan kerapu agar tidak punah karena hasilnya akan dinikmati oleh nelayan sendiri.

"Jika ikan kerapu itu bisa berkembang biak dengan baik, maka masyarakat dan nelayan yang mata pencaharianya mengandalkan hasil dari laut bisa memanfaatkannya dengan menangkap ikan tersebut untuk meningkatkan perekonomian," paparnya.

Dalam penebaran benih itu, Diskanla Probolinggo melibatkan Kelompok Gili Bahari di Desa Gili Ketapang sebagai pemerhati kelestarian sumber daya alam, khususnya yang ada di perairan Pulau Gili Ketapang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015