Sidoarjo, (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengingatkan kepada para siswa di daerah setempat untuk mengembangkan kegiatan cinta tanah air sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme sejak dini.

Penjabat Bupati Sidoarjo, Jonathan Judianto, Sabtu, mengatakan, kegiatan cinta terhadap tanah air perlu dilakukan sejak dini terutama di bangku sekolah.

"Kami meminta kepada para siswa untuk senantiasa mencintai tanah air sejak dini supaya menumbuhkan sikap nasionalisme terhadap bangsa dan negara," katanya saat membuka kegiatan Gebyar TNI Cilik bertema "Ayo Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Bangun Karakter Cinta Tanah Air Sejak Dini" di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa TNI juga bagian dari pahlawan di Indonesia ini.

"Setelah diberikan pemahaman dan pengetahuan, saya berharap anak-anakku ini bisa merasakan menjadi pahlawan negara, sekaligus mengenal bahwa menjadi TNI juga merupakan pengabdian kepada negara seperti halnya menjadi seorang guru," katanya.

Dirinya juga bangga bisa memakai dua lambang kebesaran yakni lambang sebagai Bupati dan yang kedua lambang dari Muslimat NU.

"Ini merupakan kebanggaan dan rasa cinta saya kepada anak-anak, dan komitmen saya terhadap pembangunan dunia pendidikan adalah harga mati," katanya.

Ia juga berkomitmen bahwa dunia pendidikan adalah sesuatu yang benar-benar harus diperjuangkan.

"Karena melalui pendidikan bangsa ini bisa lebih maju, sejahtera, mandiri dan bisa berkompetisi dengan bangsa lain di seluruh dunia," katanya.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh ribuan peserta dari taman kanak-kanak/Roudlotul Atfal (TK/RA) Muslimat NU Se-Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Ketua Panitia Masfufah, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja dari IGTK/RA Muslimat NU Kab Sidoarjo yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak, sekaligus menambah sikap dan keberanian serta percaya diri dalam bersosialisasi. 

"Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat mengenalkan berbagai macam profesi yang berkaitan dengan TNI," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015