Situbondo, (Antara Jatim) - Tim Internet Cerdas Indonesia (ICI) kembali berinovasi dengan menciptakan "software FB Revolution 3.0" yang ditujukan untuk membantu pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"'Software' (perangkat lunak) ini mampu menjadikan Facebook sebagai media 'marketing' (pemasaran) yang sangat efektif untuk menemukan pasar yang tepat," kata Rofiki, salah satu Tim ICI kepada Antara di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Ia menjelaskan untuk promosi di Facebook, dibutuhkan biaya yang tidak murah, yakni bisa jutaan hingga puluhan juta rupiah. Dan jika pelaku tidak tahu bagaimana menargetkan audiensnya, biaya iklan tersebut akan sia-sia dan hilang percuma.

"Maka bagi pengusaha UMKM yang baru menggunakan sosial media untuk promosi, kami sangat merekomendasikan software ini," ucapnya.

Sebagaimana dicantumkan dalam web www.fb-revolution.top, software ini memiliki beberapa fungsi utama, yaitu dapat mengumpulkan akun facebook secara spesifik, tertarget dan sesuai segmen dari "group", "fanpage", "graph search" dan "likers" secara otomatis.

Software ini juga dapat menambah teman, konfirmasi pertemanan, "update" status, memberikan like, "share link" dan dapat mengerjakan beberapa akun Facebook sekaligus secara otomatis.

Pendiri komunitas ICI Rahmat Saputra menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi tim ICI yang merancang software ini dari awal dengan tujuan positif untuk membantu pelaku usaha UMKM menemukan pasar yang tepat.

"Software ini sangat bermanfaat bagi teman-teman pengusaha UMKM, atau yg mau mulai usaha, termasuk mahasiswa dan siapapun yang ingin jualan online agar tidakk asal promosi di Facebook," ujarnya.

Dengan interface/tampilan antarmuka yang mudah digunakan, Tim ICI yang pernah menjadi finalis "IPA Social Innovation & Entrepreneurship Award" beberapa tahun lalu ini berharap software ini dapat bermanfaat besar bagi masyarakat Indonesia dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi SEAN) yang dimulai pada akhir tahun nanti.

Karena itu pada 29 November software ini akan di-"launching" ke publik dan dapat di-"download" atau diunduh oleh masyarakat umum di seluruh Indonesia melalui "website" atau laman resminya www.fb-revolution.top.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015