Gresik, (Antara Jatim) - PT Semen Gresik (SG) yang merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, optimistis pengoperasian pabrik pengepakan atau "packing plant" di wilayah Balikpapan, Kalimantan Timur akan meningkatkan penjualan di wilayah setempat.
     
"Kami optimistis adanya packing plant Balikpapan dapat meningkatkan penjualan, seiring tingginya permintaan produk Semen Gresik," ucap Direktur Komersial Semen Gresik, Mukhamad Saifudin dalam keterangan persnya di Gresik, Jawa Timur, Kamis.
     
Saifudin mengatakan, saat ini berbagai proyek monumental di Kalimantan Timur seperti pembangunan stadion di Balikpapan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan bangunan perumahan menggunakan produk Semen Gresik. 
     
"Oleh karena itu, adanya packing plant di Balikpapan ini kami sangat optimistis dapat memenuhi tingginya permintaan semen di Kalimantan Timur," ucapnya, setelah menggelar pertemuan dengan konsumen di Balikpapan beberapa waktu lalu.
      
Ia mengatakan, Semen Gresik di wilayah Kalimantan sampai dengan Oktober 2015 telah memiliki penguasaan pasar sebesar 8,7 persen, atau meningkat dibanding periode yang sama tahun 2014 dengan porsi penjualan untuk wilayah Kalimantan 8 persen dari total volume penjualan Agustus 2015 mencapai 5,26 juta ton.
       
Selain itu, adanya packing plant di Balikpapan yang beroperasi sejak Agustus 2015 diharapkan bisa mengantisipasi minimnya pasokan, khususnya di wilayah Kalimantan.
      
"Adanya packing plant ini adalah sebagai wujud nyata perusahaan untuk lebih mendekatan dan mengakrabkan diri dengan pelanggan setia Semen Gresik, serta sebagai langkah untuk memperkuat, memberikan kecepatan distribusi semen dan memastikan pemenuhan suplai semen di Kalimantan Timur," katanya.
      
Sementara untuk terus memperkuat penjualan, Saifudin mengaku terus berkelanjutan memperkuat jaringan distribusi pemasaran di wilayah Kalimantan, dengan cara menggelar "customer gathering" area Kalimantan yang meliputi Balikpapan, Kabupaten Penjam Paser Utara dan Kabupaten Paser.
     
"Kita selalu berusaha selalu dekat dengan konsumen, salah satu caranya menggelar customer gathering, dan memberikan penghargaan kepada pelanggan yang kami lakukan beberapa waktu lalu," katanya.
      
Berdasarkan data PT Semen Indonesia, Kalimantan merupakan pulau ke 3 dengan konsumsi semen tertinggi di Indonesia setelah pulau Jawa yang mencapai 7,48 juta ton dan Sumatera sebesar 2,858 juta ton.
     
"Semen Gresik yang telah berdiri sejak 1957 selalu memberikan kepercayaan kualitas produk kepada konsumen. Kesungguhan kami dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggan telah mengantarkan Semen Gresik meraih berbagai penghargaan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015