Surabaya, (Antara Jatim) - Sebanyak tiga lapangan usaha pada tahun 2015 mendominasi perekonomian Jawa Timur, yakni industri pengolahan,  kemudian pertanian, kehutanan dan perikanan, serta reparasi mobil dan sepeda motor.

"Adanya dominasi ini membuktikan kondisi Jatim masih terjaga dengan baik dan cukup kondusif meski menjelang pemilihan kepala daerah," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim, Heru Tjahjono, Senin.

Ia menyebutkan, untuk industri pengolahan berkontribusi sebesar 28,57 persen, diikuti pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 14,81 persen dan perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil-sepeda motor sebesar 17,83 persen.

"Secara keseluruhan sektor perikanan juga mampu memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur," ucapnya di Surabaya. 

Ia mengaku, angka PDRB atas dasar harga berlaku mencapai Rp433,83 triliun dan secara kumulatif dari Januari-September 2015 mencapai Rp1.260,02 triliun. 

Heru mengatakan, ke depan wilayah perikanan akan difokuskan pada lima bidang, yakni  pengembangan perikanan budidaya, pengembangan perikanan tangkap.

Selain itu, optimalisasi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, optimalisasi sumberdaya kelautan, pesisir dan pengawasan serta pengembangan usaha garam rakyat. 

Tujuannya, agar tetap mampu memberikan kontribusi terhadap PDRB Jawa Timur, dan diharapkan kontribusinya lebih meningkat.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015