Sidoarjo, (Antara Jatim) - Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur mengajak masyarakat untuk terus peduli terhadap pohon demi menjaga dan mengurangi pemanasan global.

Humas Sekolah Al-Muslim Sidoarjo, Jawa Timur, Siti Aminah, Jumat, mengatakan, ajakan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari pohon yang jatuh pada tanggal 21 November.

"Dampak pemanasan global bagi bumi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, terlebih dengan semakin banyaknya hutan yang gundul akibat kebakaran dan penebangan pohon secara liar," katanya di sela-sela kegiatan di sekitar Jalan Pondok Candra Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia mengemukakan, fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas karbondioksida, maupun gas beracun lainnya di udara.

"Selain itu keberadaan pohon mampu menghasilkan oksigen atau O2, yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di bumi ini," katanya.

Ia mengatakan, pentingnya menanam dan merawat pohon bagi kelangsungan hidup di bumi ini diwujudkan dalam bentuk aksi membagi stiker himbauan cintai pohon demi masa depan. 

"Aksi ini untuk menggugah masyarakat agar turut peduli menanam pohon dan merawat pohon terutama pohon yang punya nilai kerindangan dan pohon yang menghasilkan misalnya  sayuran  atau buah-buahan, dan medianya bisa media pot, hidroponik maupun media gantung," katanya.

Peringatan hari pohon, kata dia, merupakan suatu momentum yang sangat tepat untuk merenungkan segala perilaku kita terhadap pohon dan tanaman lainnya yang merupakan sumber oksigen.

"Selain itu mengajak masyarakat berkomitmen dalam menanam dan melestarikan pohon dan tanaman lainnya, supaya dapat diwariskan kepada generasi berikutnya dengan baik," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015