Surabaya, (Antara Jatim) - Tim Pelabuhan Tanjung Perak yang terdiri dari Kesyahbandaran dan beberapa tim lainnya akan menarik bangkai kapal motor (KM) Wihan Sejahtera, dan merapatkannya ke bangkai kapal Tanto Hari yang juga ada di lokasi itu, siang ini.
     
"Memang kita rencanakan akan menarik siang ini bersama tim khusus dari segala unsur, dan merapatkannya dengan bangkai Kapal Tanto Hari yang juga ada di lokasi setempat," ucap Kepala Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Nyoman Sukayatdnja, Rabu.
     
Ia mengatakan sebelum ditarik dan digeser, tim saat ini masih melakukan studi terlebih dahulu mengenai beberapa potensi yang bisa terjadi saat memulai penarikan kapal.
     
"Skedulnya, bangkai KM Wihan Sejahtera akan dirapatkan bersama bangkai Kapal Tanto Hari, dan kita beri tanda untuk mempermudah alur pelayaran. Namun akan diterjunkan penyelam dulu untuk melihat potensi yang akan terjadi," katanya.
     
Ia menjelaskan, penyelaman yang dilakukan tim dari anggota KPLP Pangkalan Armada itu akan melihat dulu potensi arus bawah laut, dan menunggu kecepatan arus dibawah 0,2 mil per jam.
     
"Kemarin, Selasa (17/11) arus bawah laut masih mencapai 0,6 mil per jam, dan itu masih bahaya. Normalnya dilakukan penyelaman apabila arus dibawah 0,2 mil per jam," katanya.
     
Sementara itu, Kasi Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Gresik Nanang Afandi juga membenarkan adanya rencana penarikan atau penggeseran KM Wihan Sejahtera.
      
"Kita juga akan menurunkan tim untuk membantu memantau penarikan kapal, dan akan berangkat dari Pelabuhan Gresik," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015