Pamekasan (Antara Jatim) - Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur  menggelar pendidikan dan latihan serta uji kompetensi kepada pengelola usaha mikro dan kecil untuk meningkatkan daya saing mereka  sebagai persiapan menghadapi Mayarakat Ekonomi ASEAN.

"Uji kompetensi kepada para pelaku usaha mikro ini digelar Kadin Jawa Timur bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi," kata Ketua Kadin Pamekasan Suhartono di Pamekasan, Kamis.

Ujian ini, kata dia, juga dalam rangka menciptakan UMKM yang kompetitif dan memiliki kompetensi dalam memenangkan persaingan di era global saat ini.

Suhartono menjelaskan program diklat dan uji kompetensi kepada pelaku usaha mikro di Jawa Timur oleh Kadin Institute itu akan berlangsung selama dua hari, yakni 6 dan 7 November 2015.

Dalam program ini, sambung Suhartono,  ada 8 kompetensi nasional yang akan diberikan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Peserta ujian yang dinyatakan lulus akan mendapatkan "Sertifikat Kompetensi UMKM" dari BNSP.

"Biaya ujian ini sangat murah, yakni hanya Rp250. Padahal kalau biaya normal sekitar Rp2 jutaan," katanya menjelaskan.

Pelaksanaan ujian akan di kantor Kadin Jawa Timur, yakni di Jalan Bukit Darmo Surabaya.

Menurut, Kadin Pamekasan telah menyampaikan sosialisasi terkait program Kadin Jawa Timur itu kepada para kelompok usaha kecil dan mikro di Pamekasan.

"Kami berharap para pelaku usaha mikro di Pamekasan ini memanfaat peluang ini, " harapnya. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015