Surabaya (Antara Jatim) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto berolahraga bersama pejabat dan pelajar di Alun-Alun Kota Situbondo, Jawa Timur, Minggu.
     
"Olahraga bersama pelajar dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo itu diawali dengan senam pagi, lalu dilanjutkan denhan jalan sehat mengelilingi Kota Situbondo," kata Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.
     
Dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya itu, ia menjelaskan Pangarmatim beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto tiba di Pendopo Kabupaten Situbondo pada pukul 06.00 WIB yang diterima oleh Bupati Situbondo Zaenal Aminudien beserta Staf Pemerintahan Kabupaten Sibubondo.
     
Setelah, rombongan langsung menuju Alun-Alun Kota yang sudah dihadiri ratusan siswa SMP dan SMA wilayah Kota Situbondo untuk sama-sama melaksanakan olahraga dengan orang nomor satu di Koarmatim dan Pemerintah Kabupaten Situbondo tersebut.
     
Setelah jalan sehat usai, Pangarmatim memberikan tali asih sebagai ungkapan terima kasih atas kebersamaanya kepada perwakilan SMAN 1 Situbondo, SMAN 1 Panji, SMAN 1 Panarukan, SMAN 1 Asembagus, SMAN 1 Kapongan, SMKN 1 Situbondo, SMA Muhammadiyah Situbondo, SMAN Suboh, SMAN Besuki, SMKN Suboh, SMK Bina Nusantara dan SMK Tahmul Aklaq.
     
Sebelumnya (10/10), sejumlah pejabat utama Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melakukan "diving" (penyelaman) yang diawali dengan pengenalan peralatan "scuba" (Self Container Under Water Apparatus) di Perairan Pantai Pasir Putih, Situbondo.
     
"Pengenalan Scuba yang merupakan alat selam dasar berupa tabung udara yang dibawa masing-masing penyelam yang penggunaannya diatur sendiri oleh penyelam itu dikordinasikan oleh Dislambair Koarmatim," katanya.
     
Menurut dia, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh serta pikiran dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari hari.
     
"Menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh merupakan bagian dari upaya hidup sehat dan berkualitas. Salah satu upayanya dengan mengadakan kegiatan di luar kantor seperti snorkling maupun diving," katanya.
     
Hasilnya, katanya, akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kesegaran pikiran setelah lama melaksanakan tugas-tugas rutin yang melelahkan.
     
Sebelum pelaksanaannya, penyelam Dislambair Koarmatim melakukan brifieng dan pelajaran dasar "diving", pemeriksaan kesehatan, penyelaman familier selanjutnya peserta diajak ke tengah laut naik perahu karet untuk melaksanakan penyelaman dalam.
     
Para pejabat utama Mako Koarmatim tersebut diantaranya Asintel Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo, Aspers Pangarmatim Kolonel Laut (P) R. Joko Heriyanto, Kadisprovarmatim Kolonel Laut (PM) Bambang S. Irianto, Kadisinfolahtarmatim Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, dan Kadispen Koarmatim juga.
     
Sementara itu, Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon dan Kodim 0829/Bangkalan menggelar lomba perahu naga di Pantai Lanal Batuporon (Depan Pos Barat), Sabtu (10/10), untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI Tahun 2015.
     
Lomba yang diikuti 18 tim dayung dari kalangan TNI, Polri, pelajar dan umum itu dibuka Komandan Lanal Batuporon, Lantamal V, Letkol Mar Purwanto Hadi Saputro dan dihadiri Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, unsur FKPD serta SKPD di jajaran Pemkab setempat.
     
"Selain memeriahkan HUT ke-70 TNI, lomba perahu naga ini memiliki arti yang penting yaitu sebagai momentum kebangkitan kekuatan maritim, karena itu perlombaan perahu naga perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya secara berkelanjutan," kata Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015