Malang (Antara Jatim) - Paduan suara mahasiswa Gita Surya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih tiga medali emas dan satu perak di ajang 9th Rimini International Choral Cpmpetition dan 1st International Choir Festival Puccini yang digelar di Italia.

Kompetisi 9th Rimini International Choral Competition digelar pada 24-27 September dan 1st International Choir Festival Puccini pada 30 September hingga 4 Oktober 2015.

"Ini sebuah pengalaman yang luar biasa. Saat di Rimini kami juga mewakili Asia karena tidak ada negara Asia lain yang mengikutinya. Kalau di Puccini, Tiongkok juga ikut dalam perlombaan, tapi kami jadi satu-satunya yang mewakili Indonesia," kata mahasiswi Akuntansi UMM 2013 yang turut dalam perlombaan ke Italia, Nanda Avieatharsya di Malang, Kamis.

Ia menceriterakan sebelum berangkat dari Indonesia hingga tiba di Italia, ia dan timnya merasa cemas karena pesaing mereka berasal dari 16 negara. "Bahkan, sebagian dari mereka adalah penyanyi (paduan suara) professional dan kami pun sempat minder, bisa menang atau tidak ya," katanya.

Namun, lanjutnya, pesimistis itu buyar saat paduan suara Gita Surya menampilkan performanya. Banyak pesaing yang kemudian penasaran hingga terkagum-kagum dengan satu-satunya paduan suara yang mewakili Indonesia ini, bahkan banjir dukungan, tidak hanya dari dalam negeri dan sesama anggota paduan suara Gita Surya saja, tetapi juga dari peserta lain, salah satu kompetitor asal Polandia pun turut mendukung mereka agar jadi juara.

"Kalian harus jadi juara, kalian luar biasa," kata Nanda mengutip perkataan peserta dari Polandia tersebut.

Nanda mengakui dari segi penampilan, paduan suara Gita Surya memang totalitas. Ketika menyanyikan lagu Betawi misalnya, kostum pun menyesuaikan dengan mengenakan busana Betawi.

"Ini mungkin yang dilihat para peserta lainnya. Indonesia sangat unik dan berbeda dari negara lain dan kami bangga bisa membawa nama harum Indonesia di kancah Internasional. Semoga paduan suara Gita Surya dari UMM ini, ke depan akan terus berprestasi, baik di kancah nasional maupun internasional," ucapnya.

Di Rimini, tim yang berjumlah 36 mahasiswa itu berhasil meraih emas dalam Mixed Category dan medali perak dalam kategori Folklore. Sedangkan di Puccini, paduan suara Gita Surya meraih dua emas untuk masing-masing kategori Mixed Category dan Folklore.

Sebelumnya, Pada 2013, paduan suara Gita Surya UMM juga meraih prestasi internasional, tepatnya di ajang Choral Busan Festival and Competition yang diselenggarakan oleh Korea Choral Institute di Busan Cultural Centre, Korea Selatan, 16-19 Oktober 2013. Kala itu, PSM Gita Surya berhasil meraih Bronze Prize atau juara III kategori Classical Mixed Voices.(*)

Pewarta: Edang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015