Jember (Antara Jatim) - Tiga orang bakal calon Rektor Universitas Jember periode 2016-2020 yang lolos verifikasi beradu program kerja di Gedung Soetardjo Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

Mereka adalah Ketua Program Studi Sistem Informasi Prof Slamin, Dekan Fakultas Pertanian Dr Jani Januar, dan petahana M. Hasan PhD yang memaparkan program kerja di hadapan civitas akademika Kampus Tegalboto Universitas Jember (Unej).

"Sesuai tahapan, hari ini ketiga bakal calon Rektor Unej itu memaparkan rencana program kerja yang dipresentasikan di hadapan civitas akademika Unej," kata Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor Unej, Nurul Ghufron, di Jember.

Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan program kerja para bakal calon rektor kepada seluruh civitas akademika, sekaligus sebagai pelajaran berdemokrasi di kalangan perguruan tinggi untuk memilih pimpinannya.

"Setelah tahapan presentasi program kerja, akan dilanjutkan dengan penyerahan hasil penjaringan bakal calon rektor kepada senat Unej pada tanggal 9 Oktober 2015," tuturnya.

Panitia menghadirkan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Danang Sangga Buana sebagai moderator pada sesi diskusi yang terdiri dari dua babak, babak pertama tiga bakal calon rektor saling bertanya mengenai program kerja masing-masing dan babak kedua, peserta kegiatan bertanya kepada masing-masing bakal calon rektor.

Bakal calon Rektor Prof Slamin yang mendapatkan kesempatan pertama mengambil tema "Kerja Harmonis Menuju Universitas Terkemuka di Indonesia" yang menargetkan Unej dapat masuk dalam jajaran 10 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

"Saya mencanangkan empat program utama yang terdiri dari peningkatan kualitas manajemen dan organisasi, peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kapasitas SDM, dan peningkatan kualitas pembelajaran dan kegiatan mahasiswa," ucap lulusan University of Newcastle Australia itu.

Bakal calon Rektor kedua, Jani Januar bertekad memantapkan dan mengembangkan sumberdaya mandiri yang akan diwujudkan dalam peningkatan status Unej sebagai Badan Layanan Umum (BLU), meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran, serta meningkatkan jejaring internasional. 

"Ketiga program itu menjadi prioritas yang harus dilakukan Unej pada periode 2016-2020. Saya yakin dengan jalan membangun kebersamaan dapat membawa kita menuju kemandirian yang bermartabat," ucap Dekan Fakultas Pertanian itu.

Kemudian bakal calon Rektor ketiga yang juga petahana M. Hasan bertekad membawa Unej menjadi institusi unggul di kawasan Asia Tenggara karena globalisasi sudah di depan mata, bahkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku bulan Desember 2015 nanti. 

"Jadi, mau tidak mau kita harus mempersiapkan diri agar mampu berbicara tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat Asia Tenggara. Jika tidak dipersiapkan sejak sekarang, maka kita akan ketinggalan," tuturnya.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015