Surabaya (Antara Jatim) - Menikmati kemegahan teater atau bioskop dengan suara menggelegar dan gambar jernih seperti yang ada di Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini tak perlu berangkat ke Jakarta, sebab sudah tersedia di Kota Pahlawan, Surabaya.

Theater dengan teknologi "Image Maximum" atau Imax itu telah dihadirkan oleh Cinema 21 di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 Surabaya. 

Corporate Secretary Cinema 21, Catherine Keng mengatakan, teater Imax di Surabaya adalah yang kelima di Indonesia, dan hadir karena pertumbuhan ekonomi Surabaya makin menggeliat.

Ia mengatakan, Indonesia pertama kali menggunakan teater Imax adalah di Keong Mas TMII yang digunakan untuk wahana taman hiburan.

Namun kini, penggunaannya terus berkembang dan meluas hingga dikomersialkan di beberapa daerah seperti di Jakarta dan Bekasi, antara lain di pusat perbelanjaan Summarecon Mal Serpong (2014), Summarecon Mal Bekasi (2015).

"Untuk di Surabaya, ini adalah pertama kalinya ada, sebab sebelumnya belum ada pernah ada, dan konsep yang diusung sangat berbeda dengan bioskop pada umumnya," ucapnya di Surabaya.

Catherine mengatakan perbedaan Imax dengan bioskop pada umumnya terletak pada teknologi Imax (Image Maximun) yakni teknologi yang mampu menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dibanding film konvensional.

Ia menjelaskan, standar layar Imax adalah lebar 22 meter dan panjang 16 meter, dan mempunyai ukuran cekung lebih panjang yakni 70 mm, sementara bioskop konvensional hanya mempunyai ukuran 35 mm.

Sementara, perbedaan Imax di Surabaya dengan beberapa kota lain di Indonesia terletak pada harga tiket yang lebih murah khususnya di hari Sabtu dan Minggu.

"Rincian tiket Imex di Surabaya yakni Rp40 ribu untuk hari Senin-Kamis, Rp50 ribu untuk hari Jumat, dan Rp60 ribu untuk hari Sabtu dan Minggu. Sementara di Summarecon Mal Serpong harga tiket Sabtu dan Minggu adalah Rp75.000," ungkapnya.

Ia berharap, bioskop dengan konsep teknologi canggih dibanding keberadaan bioskop pada umumnya ini bisa menjadi hiburan tersendiri dengan kelebihannya.

"Pada awal pembukaan kemarin, kami menyajikan film 'The Transporter Refueled' dan ada 443 tempat duduk yang disediakan untuk penonton," tuturnya.

Bagi anda pengamat atau pencinta film, silahkan dicoba menonton bioskop dengan sensasi berbeda dan gambar lebih hidup.(*)
     

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015