Gresik, (Antara Jatim) - PT Petrokimia Gresik membantu sebanyak 97 hewan kurban dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1436 H, terdiri dari 18 ekor sapi jenis Limousin dan Simental serta 79 ekor kambing kepada sejumlah masjid dan mushala di sekitar perusahaan.
         
Direktur Utama perusahaan produsen pupuk tersebut, Hidayat Nyakman, dalam keterangan persnya di Gresik, Jawa Timur, Kamis mengatakan total bantuan bila dirupiahkan mencapai Rp446 juta.
         
"Perayaan Idul Adha tidak sekadar menyembelih hewan kurban melainkan semangat untuk berkorban demi orang lain yang lebih membutuhkan," ucapnya.
        
Hidayat mengatakan penyerahan hewan kurban dilakukan secara serentak oleh direksi beserta staf dan berpusat di Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik.
         
Selain itu, jajaran direksi lainnya juga turut menyerahkan sapi secara langsung kepada pengurus Masjid Karomah Lumpur, Masjid Roudlotul Jannah Tlogopojok, dan Masjid Nurul Huda Meduran, masing-masing mendapat seekor sapi.
         
"Sapi dan kambing ini juga disalurkan ke sejumlah masjid dan mushala lainnya yang berada di sekitar perusahaan," katanya.
         
Hidayat Nyakman menjelaskan, penyerahkan kurban juga dilakukan di daerah operasional perusahaan lainnya di luar Gresik, seperti Masjid Nurul Huda di Gunungsari Surabaya dan Masjid Trepan Babat di Lamongan, dengan bantuan hewan kurban masing-masing seekor sapi.
         
"Pembagian hewan kurban ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan Petrokimia Gresik pada setiap perayaan Idul Adha. Kegiatan ini juga merupakan wujud syukur perusahaan atas doa serta dukungan masyarakat sekitar sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan sangat baik," ucapnya.
    
Ia berharap Petrokimia Gresik dapat terus memberikan manfaat, baik kepada masyarakat sekitar, petani, bangsa, maupun negara.
        
Sementara itu, Nyakman menjelaskan sebagian hewan kurban sapi yang diberikan Petrokimia kepada masyarakat merupakan sapi yang dipelihara di pusat riset milik perusahaan.
         
Ia mengatakan, sapi yang diberikan itu diberi pakan yang dicampur dengan produk Petrokimia, yakni Petrobiofeed atau produk probiotik hasil riset perusahaan BUMN itu, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengefektifkan peyerapan nutrisi pada proses pencernaan.
         
"Berdasarkan riset yang dilakukan oleh perusahaan, Petrobiofeed mampu menaikkan bobot sapi rata-rata 0,8-1,3 kg per hari, dan produk ini bisa didapatkan di Petromart, yaitu minimarket yang khusus menjual berbagai produk inovasi hasil riset perusahaan serta klinik konsultasi kegiatan usaha tani, yakni di Kompartemen Riset Petrokimia, Jalan Noto Prayitno, Gresik," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015