Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa STIE Mandala Kabupaten Jember, Jawa Timur, melalui program kuliah kerja usaha (KKU) melakukan sosialisasi pemilihan umum kepala daerah untuk menekan angka golongan putih (golput) di Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Selasa.

"Kami sebagai mahasiswa ikut tergerak untuk melakukan sosialisasi Pilkada Jember kepada warga yang berada di Desa Curahnongko karena sesuai dengan program yang sudah disusun dalam KKU,” kata Koordinator Desa KKU Curahnongko, Sulhan Ferdiansyah, di Desa Curahnongko Jember.

Menurutnya, mahasiswa Jember juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk ikut menekan angka golput, apalagi di Desa Curahnongko merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Jember.

"Akses informasi sangat kurang disini, sehingga kami berharap setelah adanya sosialisasi pilkada, maka warga bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait pemilihan calon bupati dan wakil bupati Jember yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015," tuturnya.

Sebagai mahasiswa, lanjut dia, juga memiliki peran penting untuk menyukseskan pilkada dengan meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kabupaten Jember.

"Mudah-mudahan partisipasi pemilih pada Pilkada Jember meningkat dan angka golput rendah di Desa Curahnongko karena mahasiswa akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Sementara Komisioner Divisi Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan penyelenggara pemilu menggandeng sejumlah pihak untuk melakukan sosialisasi Pilkada Jember.

"Kami menerjunkan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) setempat untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa yang melakukan sosialisasi pilkada di balai desa setempat," tuturnya.

Ia mengatakan salah satu indikator suksesnya pemilu yakni banyak bermunculnya sukarelawan pilkada di kalangan masyarakat dan ia berharap agar sosialisasi yang dilakukan antarmasyarakat bisa menekan angka golput di Jember.

"Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2014 sekitar 68 persen dan target untuk Pilkada Jember 2015 ini meningkat menjadi 75 persen. Mudah – mudahan semua berjalan lancar dan target itu bisa tercapai," ucap mantan jurnalis itu.

Pilkada Jember yang digelar 9 Desember 2015 diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Sugiarto-Dwi Koryanto dengan nomor urut 1 (satu) dan Faida-A. Muqit Arief dengan nomor urut 2 (dua).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015