Bangkalan (Antara Jatim) - Jemaah haji asal Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah karena serangan jantung.

"Almarhum bernama Umar Hasan (59) warga asal Kecamatan Arosbaya, Bangkalan," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Bangkalan Abd Hamid kepada Antara per telepon, Selasa siang.

Ia menjelaskan, pihaknya mengetahui kabar itu berdasarkan informasi yang disampaikan petugas haji dari Kemenag Bangkalan.

Almarhum meninggal dunia Rabu (16/9) saat istirahat di dalam maktab kota Makkah, sekitar pukul 2:30 waktu setempat.

"Tapi informasi yang disampaikan petugas kepada kami baru kemarin," kata Hamid.

Ia menjelaskan, dengan meninggalnya satu orang jemaah haji asal Bangkalan itu, maka kini jumlah jemaah haji asal Kota Salak itu menjadi 482 orang.

"Sebelumnya kan jemaah haji asal Bangkalan ini berjumlah sebanyak 483 orang itu," terang Abd Hamid.

Hamid lebih lanjut menjelaskan, secara otomatis ahli waris di Tanah Air akan mendapatkan asuransi senilai Rp31,8 juta.

Jemaah haji asal Kabupaten Bangkalan ini berangkat ke Tanah Suci Mekkah pertengahan September 2015 dengan dibagi dua klompok terbang (Kloter), yakni kloter 53 berjumlah 445 orang kloter penuh dan kloter 54 berjumlah 38 orang kloter gabungan.

Jumlah calon haji asal Bangkalan yang menunaikan ibadah haji kali ini jauh lebih sedikit dibanding tahun lalu. Sebab kala itu, jemaah haji yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 583 orang.

Pada 2013, warga yang menunaikan ibadah haji yang terdaftar di Kemenag Bangkalan sebanyak 679 orang. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015