Sumenep (Antara Jatim) - Pimpinan Dinas Peternakan (Disnak) Sumenep, Selasa, mengecek langsung kesehatan hewan ternak di sentra penjualan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2015.

"Kami tidak ingin hanya menerima laporan dari staf. Oleh karena itu, kami sengaja turun langsung untuk ikut mengecek kesehatan hewan kurban di sejumlah lokasi di Kecamatan Kota," kata Kepala Disnak Sumenep, Arif Rusdi di Sumenep, Jawa Timur.

Pada Selasa pagi, Arif bersama stafnya terlihat ikut mengecek kondisi kesehatan sapi dan kambing di dua sentra penjualan hewan kurban, semuanya di Kecamatan Kota.

"Alhamdulillah, tidak ada temuan penyakit berbahaya yang diidap hewan ternak di dua sentra penjualan hewan kurban tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, stafnya telah mengecek langsung kesehatan hewan ternak di sentra peternak sapi dan pasar hewan ternak, di antaranya di Kecamatan Ambunten, Batang Batang, dan Lenteng.

"Sejak beberapa pekan lalu, staf kami memang berkeliling untuk memantau kesehatan hewan ternak, khususnya sapi dan kambing, menjelang Hari Raya Idul Adha 2015," ucapnya.  

Ia menjelaskan, hingga sekarang, pihaknya memang tidak menerima laporan dari stafnya tentang adanya penyakit berbahaya yang diidap hewan ternak, khususnya sapi dan kambing.

"Kami maupun staf juga belum menerima informasi dari warga (peternak) tentang adanya penyakit berbahaya pada hewan ternak," ucapnya.

Arif juga mengemukakan, fokus pemantauan kesehatan hewan ternak yang dilakukan stafnya pada setiap menjelang Hari Raya Idul Adha memang sapi dan kambing.

Kegiatan rutin yang diintensifkan itu untuk memastikan hewan ternak yang akan disembelih guna kepentingan kurban tersebut tidak mengidap penyakit berbahaya.

"Pengecekan atau pemantauan hewan ternak untuk memastikan daging dari sapi maupun kambing yang akan disembelih itu layak dikonsumsi warga," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015