Jember (Antara Jatim) - Kegiatan kejuaraan internasional "Jember Open Marching Band Competition" (JOMC) meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kata Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Sandi Suwardi Hasan.

"Ada sembilan negara yang ikut kejuaraan marching band internasional itu, termasuk Indonesia. Peserta dari Indonesia juga berasal dari berbagai provinsi, sehingga sudah pasti kompetisi itu meningkatkan kunjungan wisata ke Jember," tuturnya di Jember, Senin.

"Jember Open Marching Band Competition IV" digelar di Gedung Olahraga PKPSO Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, pada 18-20 September 2015, diikuti sembilan negara yakni Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, Tiongkok, Hongkong, Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

"Beberapa kamar hotel di sekitar GOR PKPSO penuh oleh peserta dan ofisial yang mengikuti kejuaaraan marching band tersebut, sehingga dipastikan jumlah wisatawan yang datang ke Jember juga meningkat," tuturnya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, jumlah peserta dan ofisial mencapai sekitar 1.500 orang lebih dan ditambah pengunjung yang sengaja datang untuk menyaksikan kejuaraan marching band di GOR PKPSO Kaliwates.

"Dengan penuhnya kamar hotel di sekitar lokasi kejuaraan interasional itu, maka secara otomatis rumah makan atau restoran yang berada di dalam hotel atau luar hotel juga meningkat," ucap mantan Kabag Humas Pemkab Jember itu.

Sementara Ketua Panitia "Jember Open Marching Band Competition" (JOMC), Tri Basuki berharap kegiatan kompetisi marching band internasional itu dapat mengenalkan Jember kepada negara-negara lain yang menjadi peserta.

"Kompetisi marching band di Jember dapat meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten setempat dan mengenalkan Jember kepada dunia melalui olahraga seni marching band," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena Jember Open Marching Band Competition berjalan dengan lancar dan seluruh peserta dari sembilan negara sudah memberikan penampilan yang terbaik dalam kompetisi.

Pemenang dalam kejuaraan internasional "Jember Open Marching Band Competition" (JOMC) kategori marching show band diraih oleh Universitas Warnadewa Denpasar Bali, sedangkan  pemenang kategori drum battle University Drumline Manila Filipina.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015