Surabaya (Antara Jatim) - Satuan Tugas TNI AL Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXIV/2015 telah melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi 1.861 warga Kota Poso.

Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan pers yang diterima Antara di Surabaya, Jumat, melaporkan pelayanan kesehatan untuk warga Poso itu telah dilakukan pada 13-15 September 2015.

"Pelayanan Kesehatan Satgas SBJ itu dilakukan di ruang tunggu pelabuhan laut Poso dan diatas kapal rumah sakit KRI dr Soeharso-990 yang sedang sandar di dermaga Pelabuhan laut Kota Poso," katanya.

Dalam laporannya, Komandan Satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Kolonel Laut (P) Sutarmono M.Si (Han) menyatakan ke-1.861 pasien terdiri dari 1.325 pasien poli umum dan 160 pasien poli gigi,

Selanjutnya, 78 pasien bedah minor, 95 Pasien bedah mayor, 81 pasien khitan, 49 pasien operasi Katarak, 11 pasien operasi bibir sumbing dan 62 pasien KB. Selain itu, tim kesehatan juga sempat melakukan bedah caesar untuk tiga ibu hamil.

Penyanyi era 1980-an Johan Untung (Johan Yaques Alex Nanlohy) setelah seharian menghibur Masyarakat Boalemo pada acara puncak Festival Boalemo di Pantai Bolihutuo, Tilamuta, Boalemo dan malamnya menghibur Tim Satgas SBJ LXIV/2015 juga sempat berobat di KRI Soeharso karena kelelahan.
 
Selain bakti kesehatan, Dansatgas juga menyerahkan bahan kontak untuk masyarakat nelayan setempat yang diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Poso Ir. Andi Rifai dengan disaksikan lebih dari 200 Masyarakat Nelayan.

Dansatgas juga menyerahkan bahan kontak untuk Masjid Nurssa'adah, Kelurahan Kayamanya, Kota Poso, serta Gereja Tiberias, Desa Madale, Poso Kota Utara.

"Operasi Bakti SBJ merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan TNI AL sebagai wujud kemanunggalan TNI AL dengan rakyat, serta kepedulian terhadap warga yang tinggal di daerah pesisir atau pulau terluar," kata Komandan Satgas.

Ia menambahkan pelaksanaan SBJ tahun ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan "Sail Tomini 2015 " dengan sasaran kegiatan antara lain renovasi sarana dan prasarana umum, pelayanan kesehatan dan penyuluhan.

Satgas SBJ LXIV/2015 dilaksanakan oleh TNI AL yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mempora, BKKBN, serta donatur/sponsor.

Setelah Kota Poso, KRI dr Soeharso-990 yang mengangkut Personel Satgas SBJ LXIV/2015 bertolak menuju sasaran bakti sosial berikutnya yaitu Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi.

Setiba di Tinombo (16/9), Dansatgas SBJ LXIV/2015 beserta rombongan disambut oleh Asisten III Bupati Parigi Mahmut MT, Camat Tinombo Abdul Kadir Djahas, beserta Tokoh Masyarakat yang ditandai dengan pengalungan bunga oleh perwakilan pemuda-pemudi Pulau Marore. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015