Surabaya (Antara Jatim) - Jajaran  Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan, Kalimantan Timur, menggagalkan penyelundupan 12 bungkus sabu-sabu di wilayah perairan setempat.

"Informasi yang kami terima dari Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Moh Syamuel Rizal  menyebutkan hal itu merupakan hasil operasi dengan Kal Bokori di wilayah perairan Nunukan," kata Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman di Surabaya, Selasa.

Saat operasi itu, pihak Lanal Nunukan mencurigai "Speed Boad" Eronit dengan motoris Akbar Tanjung Bin Saenal alias Zakir dengan muatan satu orang penumpang bernama Edi Bin Safaruddin alias Edi yang diduga membawa narkotika jenis sabu-sabu .

Setelah dilaksanakan pengejaran oleh anggota Lanal Nunukan di Perairan Nunukan, maka "Speed Boad" Eronit itu dapat diamankan oleh anggota Lanal Nunukan, lalu diperiksa hingga akhirnya ditemukan 12 bungkus sabu-sabu yang terbungkus plastik transparan dan disimpan di tas pinggang.

Setelah diadakan pemeriksaan oleh personel Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Nunukan dengan menggunakan "tester" merek "Abon Biopharm" akhirnya disimpulkan bahwa barang terlarang itu mengandung Amphetamine dan Methamvetamin seberat 600 gram.

"Narkotika jenis sabu-sabu akan diseberangkan dari Sebatik ke tujuan Nunukan, selanjutnya Speed Boat dan penumpang dikawal ke Mako Lanal Nunukan untuk pemeriksaan Lebih lanjut," katanya mengutip informasi dari Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Moh Syamuel Rizal.

Bakti Sosial Marinir

Sebelumnya (14/9), Prajurit Marinir TNI AL melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan yang dipimpin oleh Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Ludi Prastyono di daerah Puslatpurmar-4 Purboyo, Dusun Krajan, Desa Sumber Kerto, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Danmenbanpur-1 selaku penangung jawab pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan itu menjelaskan Bakti Sosial Kesehatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Korps Marinir TNI-AL itu dilaksanakan di Purboyo pada 14-15 September 2015.

Pada kegiatan di Dusun Krajan, Desa Sumber Kerto, Kecamatan Pagak yang diketuai Danyonkes-1 Mar Letkol Laut (K) drg Ketut Triwanto Sp.Ort itu melibatkan Tim Medis Rumkitmar Gunung Sari Surabaya yang dibantu oleh Tim Medis dari Puskesmas Pagak.

Di Pagak, mereka melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan kepada warga Kecamatan Pagak yang meliputi Desa Sumber Kerto, Desa Pagak, Desa Sempol, Desa Sumber Manjing dan Desa Pandan Rejo.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis kepada sekitar 1.000 warga masyarakat setempat yang meliputi pengobatan penyakit umum dan perawatan gigi.

Selain itu prajurit Korps Marinir TNI-AL juga memberikan sembako kepada pasien yang selesai berobat serta pemberian bahan kontak berupa peralatan olah raga berupa (bola sepak dan bola voli) kepada perwakilan sekolah dasar dan sekolah menengah didesa setempat. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015