Surabaya (Antara) - KRI dr Soeharso-990 tampak "diserbu" ribuan masyarakat Toli-Toli, Sulawesi Tengah, selama sandar di Dermaga Pelabuhan Dede, Kota Toli-Toli, 2-4 September.

"Mereka 'menyerbu' KRI dr Soeharso untuk mengikuti pengobatan gratis," kata Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Jumat.

Kegiatan itu merupakan rangkaian Operasi Bakti bersandi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXIV/2015 yang dilaksanakan TNI AL bekerja sama dengan Pemda, Kemenko Kesra, Kemenkes, Kemensos, maupun swasta.

Dalam dua dari tiga hari pelayanan sosial itu, Unit Tugas (UT) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Satgas SBJ LXIV/2015 telah memeriksa kesehatan dan mengobati 1.572 pasien di Kota Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Pelayanan kesehatan yang dipimpin Komandan Satgas (Dansatgas) SBJ Kolonel Laut (P) Sutarmono MSi (Han) yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim itu melebihi target yakni 930 pasien.

Ke-1.572 pasien itu terdiri dari 32 orang mendapatkan pelayanan bedah minor, 36 orang menjalani bedah mayor, delapan pasien bibir sumbing, 129 khitan, 246 pasien gigi,  35 pasien katarak, 30 pasien KB/Kontrasepsi Mantap dan 1.056 pasien poli umum.

Selain pelayanan kesehatan, Satgas SBJ LXIV/2015 juga melaksanakan pembangunan masjid, MCK dan sumur yang dilaksanakan oleh UT Sarana dan Prasarana (Sarpras) di Dusun Nibangun, Desa Ginunggung, Kecamatan Galang Kabupaten Toli-toli.

Sementara itu, UT Pelayanan Masyarakat (Yanmas) melaksanakan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat Desa Pesisir dan ke sekolah-sekolah.

Kedatangan satgas itu pada Rabu (2/9) lalu disambut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toli-toli Drs. Mukadis Syamsudin beserta Muspida Kabupaten Toli-toli.

Saat itu, masyarakat Toli-toli menyambut kedatangan KRI dr Soerharso-990 yang membawa 1.200 personel Satgas SBJ LXIV-2015 dengan Tarian Perang "Maragai" dan Tarian Selamat Datang "Maduai".

"Operasi Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan TNI AL sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tujuan utama SBJ adalah memberikan pelayanan medis dan bakti sosial ke sejumlah pulau-pulau kecil di kawasan terluar, terpencil dan tertinggal (3T)," kata Dansatgas SBJ LXIV/2015.

Saat menghadiri acara tasyakuran dalam pembangunan masjid, pembuatan sumur dan Toilet di Dusun Nibangun, Desa Ginunggung, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli-toli, yang hanya berpenghuni 20 Kepala Keluarga, Dansatgas Kolonel Laut (P) Sutarmono pun disambut dengan Tarian Jepen.

Lain halnya di Desa Pesisir Sumsum Bolan, Kota Toli-toli, Dansatgas menyerahkan bantuan kepada Masyarakat Nelayan Pesisir Toli-toli berupa sarana peralatan nelayan untuk menangkap ikan yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Toli-toli Ir. Ardian.

Sementara itu, saat melaksanakan kunjungan ke SMA Negeri 1 Baokan, Toli-toli, Dansatgas menyerahkan bantuan berupa sarana olahraga untuk siswa dan perlengkapan belajar mengajar.

Setelah Kota Toli-toli, KRI dr. Soeharso-990 beserta personel Satgas SBJ LXIV/2015 melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Marore.

Satgas SBJ yang juga merupakan bagian dari Satgas Terpadu Sail Tomini tahun 2015 yang digelar di wilayah Kepulauan Sulawesi itu juga akan mengunjungi wilayah Poso, Boalemo Gorontalo, Banggai Laut dan Pulau Tinombo Parigi. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015