Malang (Antara Jatim) - American Corner Universitas Muhammadiyah Malang menggelar kompetisi "Spelling Bee" 2015 bagi siswa-siswi SMA se-Malang raya untuk memperebutkan gelar juara yang akan mewakili wilayah di ajang yang sama untuk tingkat nasional, Rabu.

Staf American Corner (Amcor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Heru Wibowo, mengatakan Spelling Bee 2015 tersebut merupakan kompetisi nasional yang digelar serentak di delapan kota di Indonesia yang memiliki Amcor, yakni Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Padang, Ujung Pandang, Bandung, Jakarta, dan Malang.

"Kompetisai Spelling Bee yang diselenggarakan di Amcor UMM ini diikuti 3 siswa dari 12 SMA dan sederajat. Selama ini Amcor di sejumlah daerah memang tidak pernah mengadakan even nasional, kecuali Amcor di UMM, sehingga sekarang dilakukan secara bersamaan di wilayah yang ada Amcor-nya," kata Heru di Malang.

Menurut dia, Spelling Bee adalah hal yang sangat vital bagi siswa. "Ini adalah kompetisi yang sangat vital karena peserta akan mengetahui teknik belajar yang tepat, tidak sekedar menghafal, tetapi mereka juga tahu apa arti kosa kata dan cara, serta kapan menggunakan kata tersebut,' ujarnya.

Dari 36 peserta kompetisi, dipilih tiga juara. Juara I akan mewakili Malang Raya pada kompetisi Spelling Bee tingkat nasional pada 22 September mendatang. Juara II dan III akan mendapatkan paket untuk meningkatkan skill mereka, terutama kemampuan bahasa Inggris.

Pemenang Spelling Bee Competition 2015, Aura Reandra Paramitha, mengaku tidak menyangka namanya akan keluar menjadi juara. "Nggak nyangka, nggak ada target. Selama ini hanya diberi bahan dan belajar sendiri. Baru tadi pagi simulasi dengan beberapa guru saat sebelum lomba," ujar siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang ini.

Aura mengaku meminati Bahasa Inggris sejak SD, sehingga orang tuanya mengarahkannya untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. "Saya juga suka main game. Jadi banyak belajar malah dari main game itu," ungkapnya.

Spelling Bee adalah kompetisi mengeja kosa kata Bahasa Inggris yang biasanya diikuti oleh anak-anak dan pelajar. Spelling Bee pertama kali dipopulerkan oleh Amerika Serikat. Sistem yang berlaku pada kompetisi Spelling Bee adalah setiap peserta diberi satu kosakata untuk dieja.

Jika benar, ia akan kembali duduk di kursi peserta, jika salah, peserta akan langsung gugur. Jika sampai pada peserta terakhir, akan kembali ke peserta pertama, begitu seterusnya hingga mendapatkan tiga pemenang.

Pada gelaran Spelling Bee kali ini, ada tujuh ronde yang digelar hingga menyisakan tiga peserta, yaitu dari SMAN 8 Malang, MAN 3 Malang, dan MAN 1 Malang. Spelling Bee ini merupakan kali pertama digelar oleh Amcor UMM, bersamaan dengan Amcor lain di Indonesia.

Biasanya, Amcor UMM mengadakan banyak even nasional yang meliputi bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan Bahasa Inggris, dan Beasiswa Pendidikan USA. "Amcor UMM merupakan salah satu Amcor dengan even nasional terbanyak dari 600 Amcor di dunia, bahkan ada kurang lebih 68 program yang berhasil kami helat di 2014," kata Heru Wibowo.(*)

Pewarta: Edang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015