Surabaya (Antara Jatim) - Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kawasan pesisir  Pantai Kenjeran Kota Surabaya selama tiga tahun terakhir ini meningkat dari 201 pada 2013 menjadi 307 pada 2014.

"Untuk tahun 2015 hingga bulan Juli sebanyak 171. Kami predisikan akan meningkat dari tahun sebelumnya,"  kata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, di Surabaya, Sabtu,

    
Sedangkan untuk wisatawan domestik pada 2013 sebanyak 423.715 orang, pada 2014 sebanyak 526.310 orang dan pada 2015 sampai Juli ini sebanyak 313.787 orang.
    
Menurut dia, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Surabaya memiliki pantai yang luasnya sekitar 6 hektare di kawasan Kenjeran. Hanya saja, lahan tersebut saat ini belum dikelola dengan baik.
    
Saat ini, lanjut dia, sudah ada rencana dari Pemkot Surabaya untuk mengembangkan potensi kawasan pesisir yang dimilikinya mulai dari wilayah Gunung Anyar hingga Kenjeran.
    
Selain wisata pantai, juga ada kawasan kampung nelayan dan juga Sentra Ikan Bulak (SIB) yang merupakan pusat pengolahan dan pemasaran hasil olahan laut oleh nelayan di Surabaya
    
"Bahkan saat sudah ada pembangunan jembatan Kenjeran," katanya.
    
Pemkot Surabaya juga telah menyiapkan berbagai perencanaan untuk melakukan penataan kawasan pesisir pantai Kenjeran. Harapannya, kawasan pesisir pantai Kenjeran bisa menjadi ikon baru di Surabaya yang menjadi jujugan bagi wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015