Surabaya (Antara Jatim) - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Surabaya yang terdiri dari 23 Universitas yang tersebar di Surabaya akan mengawal pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) di Surabaya agar sesuai dengan aturan yang berlaku.



"Kegiatan ini untuk mempersatukan seluruh BEM di Surabaya agar dapat meningkatkan kerja sama dan mewujudkan suatu organisasi lintas universitas sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa di Kota Surabaya, salah satu yang sudah dibahas tadi adalah mengawal pelaksanaan pilwali di Surabaya yang rawan akan terjadinya konflik," kata Koordinator Aliansi BEM se-Surabaya, Febryan Kiswanto, setelah Konferensi Aliansi BEM Surabaya di Ubaya, Jumat.



Sebagai generasi muda yang berlatar belakang akademisi, pihaknya ingin agar Surabaya menjadi kota yag maju dengan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki intelektual atas permasalahan faktual yang terjadi di Indonesia khususnya dibidang pendidikan dan pengembangan kemahasiswaan dan hubungan konsep integritas.



"Ini merupakan gebrakan awal untuk menyatukan BEM se-Surabaya, sebagai fasilitas agar dapat mengaspirasi mahasiswa, juga membahas beberapa kajian mengenai perkembangan masyarakat dan kinerja pemerintah kota maupun pemerintah pusat, seperti pada rencana kami yang akan mengawal pilwali KotaSurabaya yang memiliki integritas," ujar mahasiswa Fakultas Hukum Unair itu.



Setelah mengkaji beberapa hal, pihaknya akan menghasilkan beberapa rencana atas kinerja Presiden Joko Widodo, termasuk mengkaji permasalahan Ekonomi yang dikaitkan dengan kenaikan kurs Dollar dan melemahnya nilai tukar rupiah.



Landasan dari Aliansi BEM Surabaya, lanjutnya mengambil dari landasam gerak yang mengacu pada konstitusional dan nilai-nilai kemanusiaan, realitas empiric dan kebutuhan masyarakat, sehingga kedepannya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat menjadi kesatuan dan saling melengkapi.


Aliansi BEM Surabaya memiliki anggota dari 23 Universitas yang terlibat dalam deklarasi tersebut yakni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Hang Tuah, Universitas Merdeka (UNMER), Institut Sepuluh November (ITS), Universitas Wijaya Putra, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS).



Selain itu juga Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO), Universitas Nahdatul Ulama, Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Bhayangkara, Universitas Narotama, Universitas Ciputra, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Darma Cendika, Universitas WR. Supratman, Universitas Pelita Harapan, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Wijaya Kartika, STIE Perbanas dan Politeknik Perkapalan Surabaya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015