Surabaya (Antara Jatim) - Kegiatan "Giant Puzzle" dalam rangkaian Petra Parade 2015 yang digelar oleh Universitas Kristen Petra (UKP) mengajarkan para siswa sekolah dasar untuk mencintai sumber daya alam khususnya hasil pangan yang ada di Indoensia.



"Giant Puzzle ini berbahan dasar biji-bijian seperti beras ketan putih, beras ketan hitam, kedelai, jagung, kacang hijau, kacang merah yang dibuat oleh seluruh siswa SD Bertajuk Garuda di Hatiku di lingkup kampus UK Petra Surabaya," kata Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra sekaligus Koordinator Pelaksana Acara Garuda di Hatiku, Aniendya Christiana, Rabu.

Ia mengatakan untuk menyelesaikan teka-teki gambar raksasa yang berukuran 4mx4m tersebut dilaksanakan di Lapangan Hijau UK Petra dengan melibatkan mahasiswa serta para siswa sekolah tingkat dasar di sekitar UK Petra.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menjunjung nilai-nilai Pancasila sekaligus kampanye makanan pengganti beras dengan jumlah peserta 100 dengan yang terdiri dari 50 siswa tingkat SD dan 50 mahasiswa dari UK Petra untuk membuat puzzel lambang garuda pancasila," jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan dalam rangkaian kegiatan Petra Parade 2015 terdapat pula Trialthon 17 yang merupakan acara internal berbentuk lomba 17an yang sudah dikemas secara berbeda, unik dan menantang.

"Para calon mahasiswa di hari ini juga akan dapat mencicipi rasanya kuliah di kampus UK Petra dengan berinteraksi langsung bersama dosen serta mengunjungi fasilitas laboratorium yang ada. Hari ini, dalam Branded Schooling Experience (BSE) para pengunjung dapat melihat pameran karya mahasiswa Arsitektur," paparnya.

Tak ketinggalan juga, lanjutnya Program Studi Teknik Mesin akan mengenalkan fasilitas yang dimilikinya, yaitu Computer Numerical Control (CNC) yang merupakan mesin yang berfungsi mengontrol mesin-mesin lain yang digunakan.

"Kegiatan tersebut salah satunya berlangsung Electrical Fiesta 12 yang diusung oleh Program Studi Teknik Elektro di Auditorium UK Petra. Lomba yang dilaksanakan secara berkelompok ini akan menantang para siswa SMA untuk menjalankan robot yang sebelumnya telah mereka programkan. Tak hanya itu saja, akan ada lomba Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajamen Bisnis," paparnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015