Sidoarjo (Antara Jatim)  - Direktur Jenderal Bea dan Cukai , Heru Pambudi, menyatakan jika peresmian kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Sidoarjo untuk mengantisipasi perkembangan usaha serta  mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat.

"Peresmian kantor ini dilakukan untuk menghadapi perubahan lingkungan usaha, pertumbuhan dan perkembangan investasi, industri dan perdagangan," katanya saat peresmian kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Sidoarjo, Rabu.

Ia mengemukakan, selain meningkatkan ekonomi , peresmian kantor tersebut juga untuk meningkatkan hasil ekspor yang sekaligus meningkatkan penyerapan tenaga kerja. "Selain itu juga untuk mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor cukai," katanya.

Kantor Bea Cukai Sidoarjo ini merupakan pecahan dari Bea Cukai Tanjung Perak dan juga pecahan dari Bea Cukai Juanda.

"Nantinya tugas dari Bea Cukai Juanda akan terfokus pada masalah kargo, pengiriman pos dan barang titipan serta pengawasan yang melalui Bandara Juanda," katanya.

Begitu pula untuk Bea Cukai Tanjung Perak akan difokuskan untuk mengerjakan masalah kargo, pengiriman pos, barang titipan dan pengawasan yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

"Sementara itu, untuk Bea Cukai Sidoarjo akan melakukan penindakan dan pengawasan terhadap perusahaan yang memproduksi alkhohol dan juga barang kena cukai dari produk tembakau," katanya.

Ia menyebut, wilayah kerja dari Bea Cukai Sidoarjo adalah di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo kecuali kawasan Juanda dan juga kawasan Surabaya keculai wilayah Tanjung Perak.

"Dengan adanya pemecahanan ini diharapakan Bea Cukai Sidoarjo dapat fokus melaksanakan tugasnya dalam memberikan pelayanan dan pengawasan kepada pengguna jasa," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015