Surabaya, (Antara Jatim) – Penulis novel Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) Helvy Tiana Rosa menggarap film yang diadaptasi dari novelnya tersebut sambil berbagi melalui penjualan pre-sale tiket nonton bareng  pemain film dan produser  film KMGP.

 “Ini film kita, kita yang modalin, kita yang buat, dunia yang menontonnya,” kata Helvy dalam  acara talkshow yang bertema ‘Gapai Bintangmu’ di ballroom Hotel Santika, Jemusari, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/8).

Helvy mengatakan ketika mencoba menawarkan  film ini ke beberapa produser dan hasilnya selalu ditolak karena dalam film ini saya tetap ingin mempertahankan nilai dari novel KMGP serta didalamnya mengangkat  tentang Palestina.

“Sehingga saya yang turun langsung dalam pembuatan film ini, dari hasil patungan dengan cara  penjualan novel yang sudah 39 kali cetak dan cara pre-sale tiket,” katanya.

Film KMGP yang bercerita tentang hijrah, cinta dan kepedulian ini baru dibuat sejak keinginan difilm-kan   12 tahun yang lalu karena Helvy ingin mencari tokoh yang memerankan sesuai dengan karakter yang ada didalam novelnya. Ia juga mengatakan tidak hanya dalam berperan namun pemain-pemain  film tersebut juga menerapkan pada kehidupan sehari harinya.

Helvy mengatakan dengan membeli tiket pre-sale film KMGP, penonton akan berkeuntungan menyumbang  1 pohon yang nantinya dapat memberi bantuan oksigen untuk dunia dan membantu petani Indonesia.

Harapannya, bukan hanya itu, dengan penjualan 1juta  tiket nantinya kita akan menyumbang 1milyar untuk pendidikan di Indonesia Timur dan 1milyar untuk pendidikan di Palestina.

“Ini merupakan proyek kebaikan bersama, karena ini adalah gagasan besar dan mampu menyentuh hati semua kalangan,” ucap Presiden BEM Universitas Airlangga Surabaya, Febrian Kiswanto.

“Film ini bukan mengajarkan tentang indahnya islam saja, namun mengajarkan bagaimana tentang kehidupan, social, kemanusiaan dan budaya.  Satu poin yang saya dapat dari film ini yaitu bahwa semua orang bisa berubah menjadi baik,” kata pemeran mas Gagah, Hamas Syahid.

Acara talkshow ‘Gapai Bintangmu’ merupakan hasil kerjasama dari 6 komunitas di Indonesia, yang salah satunya komunitas Smart club, dan produser film Ketika Mas Gagah Pergi dengan mendatangkan bintang tamu penulis novel, Helvy Tiana Rosa, motivator kreatif, Andri Suyanto, dan 4bintang utama pemeran dalam film KMGP.

“Akan disiapkan 100ribu tiket pre-sale untuk kota Surabaya, dan dibuka hingga bulan Desember,” kata panitia pelaksana, Nina. (*)

Pewarta: Inang Handayani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015