Gresik, (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Semen Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan inovasi baru di bidang beton ramah lingkungan, yakni "paving blok" atau  "porous concrete" sejenis paving berbentuk kotak persegi panjang yang mampu menyerap air dan mencegah risiko banjir.

"Produk baru ini adalah hasil riset dan inovasi karyawan PT Semen Indonesia, dan segera akan kita pasarkan melalui beberapa anak perusahaan di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni, Kamis.

Dikatakannya, pembuatan paving blok ramah lingkungan ini dilakukan melalui riset yang begitu panjang, sehingga diharapkan dapat menjadi solusi atas semakin berkurangnya area serapan air terutama di kota-kota besar.

"Produk ini memiliki kemampuan yang tinggi sehingga air permukaan dapat langsung diteruskan ke dalam tanah serta dapat mencegah risiko terjadinya banjir," katanya di Gresik.

Ia mengatakan, paving blok karya anak negeri ini sangat cocok untuk jalan taman, trotoar, parkir, biopori serta berbagai lokasi yang kurang adanya serapan air.

"Kita luncurkan hari ini, sekaligus bertepatan dengan peringatan HUT ke 58 Pabrik Gresik Semen Indonesia, serta ada beberapa produk lain yang juga hasil inovasi karyawan di antaranya E-Doc Sistem Manajemen Semen Indonesia, Online Library, Mobile Approval, Dashboard Monitoring Project, Knowledge Management Center of Engineering, Lync serta Launching properti," ucapnya.

Ia mengatakan, PT Semen Indonesia juga akan meluncurkan ke pasaran produk beton sebagai pengganti aspal yang disebut "Rapid Strength Concrete" yang cocok untuk infrastruktur jalan raya.

"Produk beton khusus ini sebagai solusi pengerjaan cepat dengan tetap mempertahankan kualitas beton yang tinggi, dan mempunyai keunggulan proses pengerasan beton yang sangat cepat, yakni dalam waktu 6 jam siap untuk dibebani," katanya.

Produk ini, kata Suparni sangat cocok untuk semua konstruksi yang membutuhkan kecepatan pengerjaan sepeti konstruksi jalan beton di kota besar, serta infrastruktur jalan lainnya.

"Prestasi Semen Indonesia selama ini adalah atas kerja sama yang bagus di lingkungan karyawan, dan perusahaan memberikan apresiasi berupa penghargaan kesetiaan kerja atas pengabdian karyawan selama ini yang telah membantu membesarkan perusahaan hingga sekarang," ucapnya.(*)

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015