Surabaya (Antara Jatim) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya tetap solid di tengah peta politik yang belum menentu seperti yang ada saat ini.

"Sebenarnya ini cukup ironis. Maka harapan kami, sebagai masyarakat pers, media turut mendorong agar ada solusi terhadap permasalahan ini," kata Ketua PWI Jatim Akhmad Munir di acara sosialisasi perpanjangan masa pendaftaran Cawali dan Cawawali Surabaya yang digelar KPU Surabaya di kantor PWI Jatim, Surabaya, Jumat.
    
Menurut dia, minimnya pasangan calon pendaftar dalam Pilkada Surabaya benar-benar di luar dugaan. Sebab, dari 10 parpol di Surabaya yang memiliki kursi di DPRD, hanya satu parpol saja yang mengusung calonnya.  
    
Kepala biro kantor berita Antara Jawa Timur ini juga berharap agar KPU Surabaya makin solid di tengah situasi politik yang belum menentu ini.
    
"Semoga KPU tidak kehilangan gairah agar persoalannya tidak semakin kompleks. Lagi pula kalaupun hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, kesalahan bukan ada pada KPU. KPU sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan partai politik dengan maksimal," lanjutnya.
    
Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi, KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan sosialisasi kali ini ditujukan untuk perwakilan media massa karena media mempunyai peran penting dalam menginformasikan segala perkembangan Pilkada Surabaya kepada publik.
    
"Media massa sebagai salah satu pilar demokrasi, juga berperan penting dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait perkembangan penyelenggaaan Pilkada Surabaya 2015 kali ini," kata Nur Syamsi.
    
Nur Syamsi menyatakan bahwa pendaftaran pasangan calon telah berakhir pada 28 Juli 2015 lalu. Namun karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, maka masa pendaftaran telah diperpanjang dan akan dimulai lagi pada 1 hingga 3 Agustus 2015.
    
"Ada atau tidak, pada tanggal tersebut kami akan stand by untuk melayani pasangan calon yang akan mendaftar. Tetapi kami berharap para pelaku media dapat membantu menginformasikan kepada masyarakat mengenai perpanjangan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota ini," lanjutnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015