Trenggalek (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur segera menggelar tes kesehatan untuk dua pasang calon bupati/wakil bupati setempat yang telah mendaftar diri, di RSUD dr Soetomo, Surabaya pada Selasa (28/7) hingga Rabu (29/7).
    
"Kami sudah mengundang kedua pasangan calon untuk datang ke RSUD dr Soetomo, Surabaya guna melakukan serangkaian tes kesehatan dan psikotes," kata Ketua KPU Trenggalek, Suripto di Trenggalek, Senin.
    
Pada pemeriksaan hari pertama, lanjut Suripto, masing-masing pasangan calon akan menjalani tes psikologi oleh tim dokter dan psikolog di RSUD dr Soetomo.
    
Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan pada Rabu (29/7), untuk memastikan kesehatan jasmani dan rohani kedua pasang calon.
    
Suripto menjelaskan, tes kesehatan melingkupi banyak item, mulai dari tes narkoba, mata, kesehatan fisik (treadmill), dan sejumlah tes kesehatan organ dalam lainnya.
    
Sementara untuk tes psikologi akan dilakukan melalui serangkaiantes tulis serta wawancara.
    
Suripto menegaskan, seluruh rangkaian tes kesehatan sepenuhnya akan dikawal oleh komisioner KPU Trenggalek di RSUD dr Soetomo, selaku rumah sakit daerah yang ditunjuk.
    
"Tes kesehatan dilakukan dua hari dan dikawal langsung oleh tim KPU," ujarnya.
    
Diberitakan, sejak dibuka pada Minggu (26/7), KPU Trenggalek telah menerima dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju dalam Pilkada Trenggalek 2015.
    
Pasangan pertama diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), adalah petahana Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq berpasangan dengan notaris sekaligus pengusaha di Papua, Priyo Handoko. Mereka mendaftar lebih dulu pada Minggu (26/7) dan didukung oleh tiga partai lain, PKS, PKPI dan Nasdem.
    
Sementara pasangan kedua adalah Emil Elestianto Dardak-Mochamad Nur Arifin yang diusung lima parpol besar dan dua partai pendukung, yakni Partai Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, PDIP, Hanura serta PPP. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015