Surabaya (Antara Jatim) – Perusahaan ritel nasional, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) memberangkatkan sebanyak 1.000 pemudik pada masa arus balik atau H+7 Lebaran 1436 Hijriah ke Jakarta.


"Seluruh pemudik itu adalah pelanggan atau member loyal kartu AKU Ponta. Mereka diberangkatkan ke Jakarta karena daerah itu merupakan kota pemantauannya," kata Branch Manager Alfamart Sidoarjo, Nurcahyo Rahutomo, di Surabaya, Minggu.


Menurut dia, untuk pemudik yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya maka jumlah member yang diberangkatkan sebanyak 120 orang. Keberangkatan dipusatkan di Kantor Cabang Alfamart yang terletak di Jalan Raya Sukodono 45 Keboan Sikep Gedangan.


"Pemudik tersebut berangkat dari Sidoarjo pada tanggal 25 Juli 2015 yakni pukul 08.00 WIB," ujarnya.


Pada arus balik tahun 2015, jelas dia, perusahaan itu menggunakan moda transportasi darat yakni tiga unit bus. Secara umum, program arus balik bersama Alfamart ini sifatnya nasional sehingga semua kota tujuannya ke Jakarta.


"Untuk titik kota keberangkatannya, tidak hanya di Sidoarjo tapi di Rembang, Semarang, dan Klaten. Sementara, kuota member 1.000 orang," katanya.


Mengenai pendaftaran, tambah dia, hal itu sudah dilakukan beberapa pekan lalu. Syaratnya, cukup belanja produk-produk P & G senilai Rp100.000 selama periode 16 Juni sampai 10 Juli 2015.


"Untuk pembelajaan tersebut, konsumen berhak mendapatkan dua tiket  bus, goody bag, kaos serta snack dan free makan siang selama perjalanan," katanya.


Ia menyebutkan, setelah konsumen berbelanja maka hanya perlu mendaftar via SMS dengan format ArusBalik#AsalKota#No.Transaksi#Kode lalu tunggu konfirmasi atau SMS balasan atau bisa cek di website perusahaan itu. Kalau sudah mendapat konfirmasi maka konsumen tinggal melakukan registrasi dengan membawa struk belanja yang didaftarkan via SMS.


"Khusus arus balik dari Sidoarjo, programnya baru ada tahun ini," katanya.


Untuk arus mudik 2015, lanjut dia, Alfamart bekerja sama dengan Unilever mengajak 2400 member Kartu AKU Ponta mudik menggunakan bus, pesawat, dan kereta api. Setiap pembelian produk-produk Unilever (tidak berlaku kelipatan) senilai Rp200.000 bisa didaftarkan untuk mendapat dua tiket gratis bus.


"Lalu pembelian Rp400.000 untuk dua tiket kereta, dan pembelian senilai Rp 300.000 untuk mendapatkan satu tiket pesawat. Pembelanjaan berlaku selama periode 1 Mei – 11 Juni 2015," katanya.(*)

Pewarta: Ayu Citra Sukma Rahayu

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015