Sumenep (Antara Jatim) - Empat kapal motor penumpang milik sejumlah perusahaan pelayaran atau operator, Kamis, bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep dengan mengangkut ratusan pemudik.

"Pada Kamis pukul 07.00 WIB, Kapal Express Mega milik PT Sumekar berlayar ke Pulau Kangean dengan mengangkut 218 penumpang," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, M Choyroni Argoto di Sumenep, Jawa Timur, Kamis.

Kapal Catherine S yang merupakan armada mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bertolak dari Pelabuhan Kalianget pada pukul 10.00 WIB dengan mengangkut 291 penumpang, juga ke Pulau Kangean.

Kapal Dharma Kartika milik PT Dharma Lautan Utama yang melayani lintasan Kalianget-Sapudi-Jangkar mengangkut 65 penumpang ke Pulau Sapudi dan 10 penumpang ke Jangkar, Situbondo.

"Sementara Kapal Sabuk Nusantara 27 yang merupakan kapal perintis belum berangkat. Kapal tersebut rencananya akan bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Masalembu pada Kamis ini pukul 13.00 WIB," kata Argoto, menerangkan.

Ia bersyukur cuaca laut di perairan Sumenep dan sekitarnya pada Kamis ini kondusif dan selanjutnya sejumlah kapal bisa berlayar ke sejumlah pulau di Sumenep.

"Sesuai laporan yang kami terima dari staf di Posko Angkutan Penyeberangan dan Laut Dishub Sumenep di Pelabuhan Kalianget, tidak ada lagi penumpukan calon penumpang kapal. Alhamdulillah, sudah bisa terurai setelah kapal mulai beroperasi sejak Rabu (15/7)," ujarnya.

Sebelumnya, pemberangkatan sejumlah kapal dari Pelabuhan Kalianget selama dua hari (13-14/7) tertunda, akibat cuaca laut buruk berupa ketinggian ombak pada kisaran tiga hingga lima meter.

Sejumlah kapal kembali beroperasi pada Rabu (15/7) dan mengangkut ribuan pemudik ke beberapa pulau di Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015