Sidoarjo (Antara Jatim) -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan layanan kesehatan gratis kepada para pemudik dengan cara mendirikan Posko Mudik BPJS Kesehatan 2015 di Terminal Purabaya Surabaya.

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Sri Endang Tidarwati, Senin mengatakan, posko mudik ini didirikan sebagai wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang melakukan tradisi mudik lebaran.

"Tahun ini BPJS Kesehatan kembali menyelenggarakan Posko Mudik BPJS Kesehatan 2015," katanya saat meninjau ke salah satu titik posko mudik di Terminal Bungurasih, Surabaya.

Ia mengemukakan, kegiatan tersebut digelar secara serentak mulai 13 - 16 Juli 2015 di lima titik padat pemudik, yang terdiri dari tiga pelabuhan dan dua terminal besar.

"Lokasi tersebut masing-masing di Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar), Pelabuhan Gilimanuk (Bali), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), dan Terminal Bungurasih (Surabaya)," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini bukan pertama kalinya BPJS Kesehatan mengadakan posko kesehatan gratis bagi pemudik.

"Tahun 2014 lalu, BPJS Kesehatan juga menyelenggarakan posko mudik, namun hanya mencakup tiga titik pelabuhan di Indonesia, yaitu Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar), dan Pelabuhan Gilimanuk (Bali)," tuturnya.

Berkaca dari antusiasme pemudik tersebut, pihaknya menambah lokasi titik posko mudik pada Lebaran tahun 2015.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa diperoleh secara gratis, sehingga masyarakat pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaannya," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat dokter, paramedis, ambulan, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan pelayanan bagi para pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi atau istirahat.

"Selain itu juga disediakan pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat 'emergency', dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Untuk memastikan acara berjalan lancar, BPJS Kesehatan juga menggandeng Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat, dan pihak terkait lainnya.

"Sejumlah ambulanpun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi 'emergency' dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015