Surabaya (Antara Jatim) - Puluhan usaha kecil menengah (UKM) di Kota Surabaya meramaikan gelar produk pertanian yang digelar Dinas Pertanian Kota Surabaya di halaman Taman Surya Surabaya, Minggu.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Pemkot Surabaya tetap mendorong peningkatan kualitas produk pertanian, perikanan dan peternakan dengan menggelar produk pertanian, perikanan dan peternakan sebulan sekali di tengah keterbatasan lahan.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan daya saing komoditas lokal di tengah kepungan produk asing. Apalagi, saat ini sudah memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dimana alur barang antar negara ke depan semakin tak terbendung," katanya.

Tri Rismaharini mengatakan pihaknya punya strategi khusus agar pelaku usaha Surabaya mampu bersaing. Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini telah menginstruksikan dinas terkait untuk membantu pengurusan izin dan sertifikasi pelaku usaha kecil menengah (UKM), mulai dari izin produk industri rumah tangga (PIRT), sertifikat merk/brand hingga sertifikat halal.

"Saya sudah instruksikan dinas-dinas terkait. Paling lambat Agustus semua konsep sertifikasi itu harus sudah terlaksana," kata Risma.

"Dengan demikian, nilai tawar produk akan menjadi lebih baik," ujarnya.

Gelar produk kali ini berhasil menarik animo warga. Pengunjung mayoritas adalah mereka yang sedang berolahraga di area Balai Kota Surabaya. Meski tidak sedikit pula yang kebetulan melintas dan mampir mengunjungi stan.(*)


Pewarta: Abdul Hakim

Editor : FAROCHA


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015