Sumenep (Antara Jatim) - Kapal mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sabtu, mengangkut 194 penumpang ke Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep.

"Ini adalah pemberangkatan perdana kapal mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2015," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur, Bambang Jatmiko di Sumenep, Sabtu.

Bambang bersama sejumlah stafnya berada di Sumenep untuk memantau pemberangkatan kapal mudik gratis tersebut ke Kangean.

Kapal Catherina S yang menjadi armada mudik gratis itu bertolak dari dermaga II Pelabuhan Kalianget, Sumenep, pada pukul 10.00 WIB. 

Selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2015, kapal dengan kapasitas angkut 200 penumpang itu akan beroperasi di jalur Kalianget-Kangean sebanyak enam trip.

"Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan tiga kapal sebagai armada mudik dan balik gratis untuk beroperasi di jalur Kalianget-Kangean, Surabaya-Masalembu, dan Sapeken-Banyuwangi," kata Bambang, menerangkan.

Ia berharap warga yang ingin memanfaatkan program kapal mudik dan balik gratis tersebut untuk mendaftarkan lebih dulu ke panitia lokal.

"Ini untuk menghindari adanya penumpukan calon penumpang kapal. Kami melalui panitia akan menjadwalkan waktu pemberangkatan bagi masing-masing pendaftar guna menghindari kapal bermuatan lebih," ujarnya. 

Bambang juga mengemukakan, program kapal mudik dan balik gratis itu merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada warga. 

"Pemberangkatan perdana kapal mudik gratis di jalur Surabaya-Masalembu dan Banyuwangi-Sapeken juga dilakukan pada Sabtu ini," ujarnya. 

Dalam kondisi cuaca baik, perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget (Sumenep daratan) ke Pelabuhan Batu Guluk, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean dan sebaliknya, membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam dengan menggunakan kapal cepat dan sembilan jam dengan kapal biasa (bukan kapal cepat). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015