Madiun (Antara Jatim) - Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota, Jawa Timur, akan menyiagakan 500 personel dalam pengamanan Lebaran dengan sandi Operasi Ketupat 2015. 
     
Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Yulianto, Kamis, mengatakan, ratusan personel tersebut merupakan gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun.
     
"Petugas akan diterjunkan di lokasi rawan yang telah dipetakan sebelumnya. Baik rawan kecelakaan, kemacetan, maupun tindak kejahatan," ujar AKBP Agus Yulianto sesusai gelar pasukan Operasi Ketupat 2015 di halaman mapolres setempat.
     
Menurut dia, sedikitnya ada sembilan titik di wilayah Kota Madiun yang dinilai rawan dan menjadi perhatian khusus. Di antaranya adalah, Jalan Pahlawan yang merupakan pusat perbelanjaan sehingga rawan kemacetan, Alun-Alun Kota Madiun, dan titik Jiwan yang merupakan wilayah perbatasan Kota Madiun dengan Kabupaten Madiun yang rawan kecelakaan lalu lintas.
     
"Polres Madiun Kota juga mendirikan sejumlah pos pantau dan pengamanan selama Operasi Ketupat berlangsung. Dengan pengamanan tersebut diharapkan tindak kejahatann dan kecelakaan dapat ditekan," katanya.
     
Sementara itu, Kabag Operasional Polres Madiun Kota, Kompol Suhono, mengatakan, seluruh personel yang terlibat pada Operasi Ketupat 2015 akan disiagakan selama 16 hari mulai tanggal 10 hingga 25 Juli 2015.
     
"Semua petugas diterjunkan di pos masing-masing wilayah terutama di wilayah yang rawan terjadi kecelakan maupun macet. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama berlebaran," katanya.
     
Selain fokus mengamankan jalur mudik, pihaknya juga akan mengantisipasi berbagai jenis gangguan kamtibmas, distribusi bahan pokok, BBM, kegiatan masyarakat seperti takbiran, pariwisata, belanja, hingga salat Idul Fitri.
     
Upaya tersebut dilakukan dengan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti Pertamina, pemerintah daerah, Bulog, TNI, dan unsur penting lainnya. 
     
"Dengan digelarnya Operasi Ketupat 2015, kami siap mengamankan prosesi lebaran dan diharapkan semuanya berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun," katanya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015