Sumenep (Antara Jatim) - Pimpinan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Rabu, mengecek kesiapan operasional kapal milik sejumlah perusahaan pelayaran di Pelabuhan Kalianget.

"Kami sengaja ke Pelabuhan Kalianget untuk melihat secara langsung. Kalau secara administrasi atau laporan dari staf, semua kapal siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2015," kata Kepala Dishub Sumenep, Moh Fadillah di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Fadillah bersama sejumlah stafnya pertama kali mendatangi manajemen PT Dharma Dwipa Utama yang merupakan anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama dan menjadi operator di lintasan Kalianget-Jangkar (Situbondo), Kalianget-Sapudi-Jangkar, dan Kalianget-Raas-Jangkar.

Setelah itu, rombongan dari Dishub Sumenep tersebut mendatangi manajemen PT Sumekar dan PT Sakti Inti Makmur, keduanya merupakan operator atau perusahaan pelayaran yang melayani lintasan Kalianget-Kangean.

Fadillah meminta para operator itu memastikan armadanya laik layar dan alat keselamatan bagi penumpang kapalnya dalam kondisi layak digunakan.

"Jumlah alat keselamatan bagi penumpang jangan sampai kurang. Siapa pun orangnya tidak ingin ada musibah. Namun, alat keselamatan bagi penumpang merupakan fasilitas standar yang wajib tersedia di kapal," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Fadillah bersama rombongan sempat naik ke sejumlah kapal milik operator dan mengecek kondisi di dalamnya.

"Semoga saja kondisi cuaca laut selalu kondusif dan selanjutnya tidak ada penundaan pemberangkatan kapal dari Pelabuhan Kalianget," kata Fadillah, menambahkan.

Sesuai data di Dishub Sumenep, sebanyak 15 kapal motor penumpang siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2015.

Rinciannya, sebanyak 12 kapal bersifat reguler atau memang beroperasi di wilayah perairan Sumenep dan tiga kapal lainnya berstatus insidentil, yakni armada mudik dan balik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015