Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa, menginspeksi kondisi bus yang berada di Terminal Aryawiraraja di Kecamatan Kota.

"Kegiatan ini untuk memastikan semua bus yang beroperasi di Sumenep pada masa angkutan Lebaran 2015, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP), dalam kondisi laik jalan," ujar Kepala Dishub Sumenep, Moh Fadillah di Sumenep, Selasa.

Ia bersama sejumlah stafnya langsung menuju salah satu bus jurusan Sumenep-Banyuwangi yang berada di terminal.

Mereka lalu meminta sopir dan kondektur bus tersebut menunjukkan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) dan dokumen uji kir, termasuk surat izin mengemudi (SIM) milik sopir.

"Pada inspeksi kali ini, kami juga melibatkan personel Satuan Lalu Lintas Polres Sumenep supaya bisa mengecek langsung STNKB bus dan SIM milik sopir bus," kata Fadillah, menerangkan.

Selain dokumen, staf Dishub Sumenep juga memeriksa kondisi ban, lampu, dan kelaikan rem bus.

"Inspeksi kali ini merupakan kegiatan insidental untuk menunjang pemeriksaan kondisi bus secara berkala yang dilakukan oleh staf kami," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Fadillah juga meminta sopir menjaga kondisi tubuh dan kesehatannya supaya fit selama mengemudikan bus.

"Sejak beberapa waktu lalu, kami telah berkoordinasi sekaligus mengingatkan para perwakilan perusahaan otobus yang beroperasi di Sumenep untuk memastikan armadanya dalam posisi laik jalan dan kru bus selalu dalam kondisi fit," katanya.

Sesuai data di Dishub Sumenep, jumlah bus, baik bus AKDP maupun AKAP, yang siap beroperasi selama angkutan Lebaran 2015 sebanyak 299 unit.

Sebanyak 299 bus itu terdiri atas delapan bus AKAP, 67 bus AKDP berfasilitas mesin pendingin ruangan (patas), dan 224 bus AKDP tanpa fasilitas pendingin ruangan (ekonomi). (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015