Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membuka dua posko Angkutan Lebaran 2015, yakni di Terminal Aryawiraraja di Kecamatan Kota dan Pelabuhan Kalianget di Kalianget.

"Posko yang berada di Terminal Aryawirara adalah posko angkutan darat, sementara di Pelabuhan Kalianget adalah posko angkutan penyeberangan dan laut. Di masing-masing posko sudah ada petugasnya," ujar Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Sumenep, Abd Hadi di Sumenep, Kamis.

Pada tahun-tahun sebelumnya, posko angkutan darat biasanya dibuka atau efektif beroperasi sejak "H-7" hingga "H+7" Hari Raya Idul Fitri.

Sementara posko angkutan laut efektif beroperasi sejak "H-15" hingga "H+15" Hari Raya Idul Fitri.

"Untuk tahun ini, posko angkutan darat maupun laut mulai efektif pada Kamis ini yang merupakan 'H-15' Hari Raya Idul Fitri 2015 dan berakhir pada 'H+9'. Ada kebijakan baru yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan pada tahun ini," kata Hadi, menerangkan.

Ia menjelaskan, untuk sementara, petugas yang siaga di posko angkutan darat maupun laut adalah personel Dishub Sumenep.

"Namun, nantinya personel dari sejumlah instansi terkait di Pemkab Sumenep ikut bergabung menjadi petugas posko, di antaranya dinas kesehatan (dinkes) dan satpol PP. Mereka akan bertugas di posko sejak 'H-7' hingga 'H+7' Hari Raya Idul Fitri 2015," ucapnya, menambahkan.

Hadi juga mengemukakan, petugas posko akan memantau aktivitas di Terminal Aryawirara dan Pelabuhan Kalianget selama 24 jam.

"Posko juga berfungsi sebagai sarana informasi yang terkait dengan angkutan Lebaran 2015 dan tempat istirahat bagi pemudik dan pebalik. Oleh karena itu, selama 24 jam dalam setiap harinya bisa dipastikan akan ada petugas di masing-masing posko," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015