Jember (Antara Jatim) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jember, Jawa Timur, memperbaiki sebanyak 193 ruang kelas sekolah dasar yang rusak pada tahun 2015.

"Ratusan ruang kelas yang rusak itu tersebar di 72 lembaga sekolah dasar se-Kabupaten Jember seperti SDN Petung 3 dan SDN Sukorejo 2 di Kecamatan Bangsalsari, serta SDN Tanjungrejo 2 di Kecamatan Wuluhan," kata Kepala Bidang Pendidikan TK dan SD Disdik Jember, Achmad Yasin, di Jember, Kamis.

Menurut dia, ruang kelas rusak yang diperbaiki itu belum tersentuh perbaikan atau rehabilitasi sejak tahun 1980-1981 dengan masing-masing sekolah mendapatkan perbaikan dua hingga tiga ruang kelas.

"Ruang kelas yang diperbaiki tahun ini merupakan prioritas karena mengalami rusak berat, sedang, dan ringan yang sudah disurvei oleh petugas Disdik Jember," tuturnya.

Perbaikan ruang kelas sekolah sebanyak 193 ruang itu menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp11 miliar dan perbaikan itu akan dimulai pada Juli 2015.

Selain ruang kelas, lanjut dia, anggaran DAK dari APBN juga dialokasikan untuk perbaikan 26 ruang perpustakaan di sejumlah sekolah dasar di Jember.

"Kami sudah menerima petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pemakaian DAK, sehingga perbaikan ruang kelas yang rusak bisa dilakukan pada Juli 2015," paparnya.

Achmad mengatakan beberapa tahun terakhir terjadi keterlambatan petunjuk pelaksanaan dan teknis penggunaan DAK, sehingga dana tersebut tidak bisa digunakan.

"Alhamdulillah tahun ini juklak dan jukni sudah keluar, sehingga kami bisa mengerjakan perbaikan 193 ruang kelas yang rusak pada awal Juli 2015," katanya.

Data Disdik Jember mencatat sebanyak 260 ruang kelas SD di kabupaten setempat dalam kondisi rusak ringan, sedang dan berat pada tahun 2015.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015