Pamekasan (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur tahun ini menambah lokasi pos pantau lebaran guna memaksimalkan pemantauan arus mudik dan balik lebaran.

Kepala Dishubkominfo Pemkab Pamekasan Moh Zakir di Pamekasan, Selasa mengatakan, pada lebaran tahun lalu, jumlah pos pantau lebaran di Pamekasan hanya satu unit, yakni di terminal bus Ceguk Pamekasan.

"Tahun ini kami tambah lagi di jalan protokol Pamekasan, yakni di sekitar perkotoan Citra Logam Mulya (CLM) di Jalan Kabupaten," ucapnya.

Menurut Zakir, penambahan pos pantau lebaran itu dimaksudkan untuk memaksimalkan pengawasan arus lalu lintas saat mudik dan balik lebaran.

Selain itu, penambahan pos pantau di Jalan Kabupaten itu dimaksudkan untuk memantau pemudik lebaran yang melalui jalur tengah, yakni dari arah Ombem Sampang menuju Kota Pamekasan.

"Bertambahkan warga yang memiliki kendaraan bermotor juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi kami untuk menambah pos pantau pada lebaran kali ini," ujarnya.

Hal lain, kata mantan Kepala Dinas Koperasi Pemkab Pamekasan ini, karena di jalur lalu lintas di Jalan Kabupaten itu, sering terjadi kemacetan arus lalu lintas akibat kegiatan pasar tumpah.

"Paling tidak, dengan adanya pos pantau lebaran disana, maka kemacetan arus lalu lintas bisa teratasi, karena setiap saat sudah ada petugas yang berjaga-jaga," katanya.

Mengenai persiapan pengamanan, serta jumlah angkutan umum yang disiapkan pada lebaran kali ini, Zakir menyatakan, masih akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemprov Jatim.

Sebab, khusus angkutan umum antar provinsi dan angkutan umum antarkota dalam provinsi, yang ditentukan oleh Dishub Jatim.

"Rabu (10/6) besok, kami masih akan menggelar rapat koordinasi dengan Dishub Jatim dan Dishub kabupaten/kota se-Jawa Timur terkait hal ini," terang Zakir.

Termasuk sambung dia, juga akan membahas tentang ketentuan tarif atas dan tarif bawah angkutan lebaran. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015