Madiun (Antara Jatim) - PT Holcim Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar kegiatan "Karya Bersama Abang Holcim 2015" untuk mempercantik sejumlah ruang publik di wilayah itu guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Ini merupakan program yang pertama kali kami lakukan secara nasional. Kota Madiun dan Ponorogo yang kami tunjuk untuk menjadi lokasinya," ujar Vice Presidentof Sales PT Holcim Indonesia, Juhans Suryantan, saat pelaksanaan kegiatan "Karya Bersama Abang Holcim 2015", di Lapangan Gulun Kota Madiun, Minggu.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat sekitar 1.000 orang ahli bangunan atau pekerja bangunan yang dilibatkan untuk membangun puluhan bangku dan pot bunga di sejumlah ruang publik.

"Untuk Kota Madiun akan kami bangun di Lapangan Gulun, Alun-Alun Kota Madiun, dan Taman Bantaran Kali Madiun. Sedangkan di Ponorogo, dilakukan di Lapangan Jeruksing dan Jalan Jenderal Kota Ponorogo. Kegiatan di dua kota ini dilakukan serentak," kata Juhans.

Menurut dia, aksi nyata yang dilakukan oleh para ahli bangunan yang tergabung dalam Kelompok Ahli Bangunan (KLAB) Holcim tersebut, bertujuan untuk memperindah kedua kota menjadi lebih asri dan hijau guna mewujudkan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat.

"Lingkungan yang bersih dan asri adalah impian kita bersama. Program 'Karya Bersama Abang Holcim adalah wujud komitmen kami untuk membantu menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan rapi bagi warga Kota Madiun dan Ponorogo," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kota Madiun sengaja dipilih untuk pelaksanaan program tersebut karena kota yang berslogan "Kota Gadis" (Kota Perdagangan, Pedidikan, dan Industri) itu merupakan wilayah pangsa pasar Holcim yang cukup bagus. Pihaknya menargetkan pangsa pasar hingga 30 persen di wilayah Madiun dan sekitarnya.

"Kondisi pertumbuhan ekonomi Kota Madiun yang luar biasa telah memberikan peluang besar bagi kami pihak swasta untuk berkembang. Ini merupakan peran besar dari Pemkot Madiun dan masyarakatnya yang selalu ingin maju dan sejahtera," terang dia. 

Sementara, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Kota Madiun, Andriono Waskito Murti mengatakan pertumbuhan ekonomi Kota Madiun saat ini mencapai 8,3 persen. Angka tersebut di atas pertumbuhan ekonomi dari Provinsi Jawa Timur. 

"Dengan kondisi yang demikian, Kota Madiun menjadi suatu daerah yang sangat menggoda bagi pihak swasta untuk berinvestasi. Kami pemerintah daerah sangat terbuka bagi semua pihak yang ingin berinvestasi dan memajukan Kota Madiun," kata Andriono.

Pihaknya mengapresiasi program Karya Bersama Abang Holcim 2015 yang dilakukan Holcim Indonesia. Sebab, Kota Madiun masih sangat membutuhkan peran serta dari "stakeholder-nya" termasuk pihak swasta untuk ikut memajukan wilayahnya.

"Masih banyak ruang terbuka hijau di Kota Madiun yang butuh dipercantik agar Madiun menjadi "Kota Gadis" yang lebih cantik lagi," tambahnya. 

Kegiatan Karya Bersama Abang Holcim 2015 di Lapangan Gulun, juga dihadiri Head of Marketing PT Holcim Indonesia Johanna Daunan, Regional Sales Manager East Java PT Holcim Indonesia Wahyudi, perwakilan anggota DPRD Kota Madiun Didik Yulianto, serta pejabat jajaran dan toko bangunan mitra dari PT Holcim Indonesia. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015