Banyuwangi (Antara Jatim) - Sebanyak 1.000 penari gandrung akan memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Jawa Timur di Stadion Diponegoro, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (6/6).

         Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat, menjelaskan selain disambut tarian gandrung sebagai ungkapan selamat datang, pembukaan juga akan diisi berbagai kesenian hiburan lainnya.

         "Hiburan kami siapkan mulai dari penampilan Grup Lalare Orkestra asal Banyuwangi, performance dari grup orkestra The Fine asal Surabaya, hingga tampilan band papan atas Radja," ucapnya.

         Pesta kembang api juga akan mewarnai pembukaan Porprov di stadion kebanggaan masyarakat Banyuwangi itu.

         "Hiburan ini kami peruntukkan tak hanya untuk para atlet ke-35 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dan ofisialnya, tapi juga untuk seluruh masyarakat Banyuwangi. Jadi silahkan datang berbondong-bondong. Gratis," ujarnya.

         Anas mengemukakan pembukaan Porprov V Jawa Timur akan digelar Sabtu (6/6) malam dan dipastikan akan dipenuhi oleh 9.000 atlet beserta ofisialnya yang berasal dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

         "Porprov Jatim akan dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo," imbuhnya.

         Konsepnya, lanjut Anas, di awal acara seluruh peserta Porprov akan disambut tarian selamat datang. Kemudian ke-38 kontingen akan melakukan defile mengelilingi areal stadion untuk memperkenalkan  atlet-atletnya yang akan berlaga.

         "Sesudah defile, seluruh peserta akan bergabung mengikuti upacara pembukaan, pengibaran bendera Proprov, sekaligus penyalaan api Porprov oleh Gubernur Jatim yang menandai dimulainya ajang olahraga terbesar di Jatim yang digelar tiap dua tahun sekali ini," papar Bupati Anas.

         Sementara itu, Jumat siang, api Porprov yang Kamis (4/6) diambil dari api biru Kawah Ijen, dikirab berkeliling Kota Banyuwangi dan kecamatan yang dijadikan venue berbagai cabor. Yakni mulai dari Kecamatan Kota Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, Gambiran, Genteng, Sempu, Singojuruh, hingga kembali ke Banyuwangi lagi.

         Meski baru akan dibuka Sabtu (6/6) dan berakhir Sabtu (13/6), hingga Jumat sudah lebih dari delapan cabor yang dipertandingkan. Di antaranya tenis meja, panjat tebing, sepak bola, kempo, taekwondo, angkat berat, angkat besi, atletik, basket, serta 'hockey indoor' dan 'outdoor'.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015