Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 10.948 peserta mendaftar calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) secara daring (online) di Universitas Jember, Jawa Timur.

"Hingga batas akhir pendaftaran tercatat sebanyak 10.948 siswa SMA dan sederajat yang mendaftar SBMPTN dan mereka akan mengikuti ujian tulis di Kampus Universitas Jember (Unej)," kata Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik Bagian Akademik Unej, Mohammad Sabar, di Jember, Selasa.

Menurut dia, SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh perguruan tinggi negeri (PTN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tulis, yang dibuka secara daring pada 11-29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB. 

"Pendaftaran sudah ditutup pada Jumat (29/5) malam, namun ada toleransi dari panitia penyelenggara SBMPTN hingga Sabtu (30/5) pukul 16.00 WIB, sehingga tercatat ada beberapa siswa yang mendaftar pada 30 Mei 2015," tuturnya.

Jumlah pendaftar SBMPTN secara daring di Unej tahun 2015 meningkat dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebanyak 10.778 peserta.

"Ada peningkatan jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN karena hal itu sudah terlihat sejak awal dibuka pendaftaran SBMPTN secara daring," katanya.

Sabar menjelaskan kuota SBMPTN Unej tahun ini meningkat dari 30 persen menjadi 35 persen dari total seluruh mahasiswa yang diterima Kampus Tegalboto tersebut.
 
"Penerimaan mahasiswa baru Unej melalui tiga jalur yakni seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi dengan kuota 50 persen, SBMPTN sebanyak 35 persen, dan sisanya jalur mandiri Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi se-Besuki Raya (SBMPTBR) sebanyak 15 persen," paparnya.

Sementara Kepala Humas dan Protokol Unej, Agung Purwanto, mengatakan jumlah mahasiswa yang lolos SNMPTN Unej sebanyak 2.884 orang.

"Untuk jumlah mahasiswa yang lolos SBMPTN dan SBMPTBR masih dalam tahap seleksi karena mereka harus mengikuti ujian tulis," katanya.

Sesuai dengan jadwal, lanjut dia, ujian tulis SBMPTN Unej akan digelar pada 9 Juni 2015 dan calon mahasiswa yang lolos ujian tulis jalur SBMPTN akan diumumkan pada 9 Juli 2015.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015