Surabaya (Antara Jatim) - PT Jasa Raharja (Persero) Wilayah Jawa Timur optimistis memberangkatkan sebanyak 2.000 pemudik secara gratis pada masa angkutan Lebaran 2015 karena kian besarnya permintaan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman menggunakan bus.

"Untuk mengantarkan mereka, kami menyiapkan 50 unit bus," kata Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur, Armanda, ditemui di Surabaya, Senin.

Menurut dia, pendaftaran untuk program mudik gratis yang merupakan agenda tahunan tersebut dibuka pada tanggal 24 Juni hingga 3 Juli 2015. Masyarakat yang berminat dapat langsung mendatangi Kantor Cabang Jasa Raharja Jawa Timur di Jalan Diponegoro Surabaya.

"Sementara, mereka yang berada di Sidoarjo bisa daftar ke Kantor Pelayanan Sidoarjo Jalan Yos Sudarso," ujarnya.

Terkait pelaksanaan mudik gratis tersebut, jelas dia, akan dilakukan pada tahun 13 Juli 2015. Pada program tersebut Jasa Raharja membuka jalur mudik di 17 kota tujuan.

"Contohnya Cirebon, Kediri, Banyuwangi, Blitar, Cepu, Jember, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Solo, Semarang, Trenggalek, Tulungagung, Yogyakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Tegal," katanya.

Ia meyakini, program mudik gratis itu dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi selama mudik Lebaran. Apalagi, selama tahun 2014 tercatat ada 18.062 korban kecelakaan.

"Mayoritas terjadi saat pemudik berada di jalur menuju Blitar, Kediri, Madiun," katanya.

Untuk menekan angka kecelakaan, lanjut dia, pada tahun ini Jasa Raharja melaksanakan berbagai upaya pencegahan di antaranya kegiatan penyuluhan. Selain itu, pihaknya melakukan sosialisasi atau dialog publik dengan kalangan mahasiswa.

"Kami sengaja memilih mahasiswa sebagai sasaran sosialisasi karena korban kecelakaan lalu lintas selama ini didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Bahkan, pekerja usia muda yang produktif," katanya.

Di samping itu, lanjut dia, dominasi korban kecelakaan lalu-lintas selama ini adalah pengendara sepeda motor dengan prosentase mencapai 73,96 persen. Oleh sebab itu, pihaknya siap mengadakan dialog publik pada 3 Juni 2015 di Universitas Airlangga dengan mengundang 250 peserta.(*)

Pewarta: Ayu Citra Sukma Rahayu

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015