Surabaya (Antara Jatim) - Komisi E DPRD Jawa Timur meminta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang tidak lama lagi digelar di Banyuwangi sebagai referensi mencari atlet-atlet berbakat dalam menghadapi kejuaraan-kejuaraan nasional maupun internasional.

"Selaku komisi yang membidangi olahraga, kami mendukung 100 persen penyelenggaraan Porprov dan harus digelar rutin," ujar Ketua Komisi E DPRD Jatim Agung Mulyono ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Ia berharap kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk lebih intens membina olahraga dan ke depan bisa diikuti lebih banyak lagi cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Tantangan berikutnya tentu semakin tinggi. Ajang PON, SEA Games dan yang lainnya menjadi target mendatang. Tak ada alasan untuk tidak berbuat demi kemajuan olahraga Jatim dan Indonesia pada umumnya," ucapnya.

Porprov ke-5 yang diselenggarakan di Banyuwangi akan berlangsung 6-13 Juni dan secara resmi dibuka di Stadion Diponegero.

Total, oleh 8.920 atlet yang berasal dari 38 kabupaten/kota mengikuti ajang rutin dua tahunan ini dan mempertandingkan 38 cabang olahraga.

Sedangkan, panitia yang bekerja untuk menyukseskan ajang tersebut berjumlah 1.050 orang dengan relawan sebanyak 250 orang.

Kendati akan resmi dibuka pada 6 Juni 2015, namun sejumlah pertandingan sudah dimulai sejak 29 Mei mendatang, salah satunya sepak bola yang memang membutuhkan waktu cukup panjang.

Khusus sepak bola, kata Agung, pembinaan yang berkesinambungan harus terus dilakukan meski saat ini kisruh PSSI dengan Menpora masih belum menemui titik temu.

"Saya sendiri sangat mencintai sepak bola. Jangan sampai apa yang terjadi di tingkat pusat merembet ke daerah karena kasihan pemain muda," ucapnya.

Politisi asal Partai Demokrat itu mengakui Jawa Timur merupakan gudangnya atlet sepak bola potensial, sehingga sangat disayangkan jika talenta berbakat pemain muda terhambat.

"Saya berharap bermunculan atlet-atlet sepak bola andalam Indonesia dan muncul Evan Dimas - Evan Dimas baru yang bisa mengharumkan nama Jatim dan Timnas Indonesia," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015